Awas Keran Bahan Bakar Tersumbat

Motorplus - Senin, 29 Desember 2014 | 21:36 WIB

Awas keran bahan bakar tersumbat, bisa bikin motor brebet atau tersendat loh. Dengan bahan bakar yang tersendat proses pembakaran jadi tidak sempurna. Jalannya motor jadi kurang lancar. Biasanya, kotoran masuk dari bahan bakar yang jelek, apalagi dimusim hujan.

“Kotoran dari karat bisa menyumbat lubang-lubang di kran bensin. Bukan cuma karena karat, sering isi bensin eceran juga bisa memperbesar peluang masuknya kotaran ke tangki. Makanya part yang satu ini harus diperhatikan,” wanti Abdul, mekanik Mitra Motor di Jl. Raya Pabuaran, Bogor, Jawa Barat.

Untuk mengecek kondisinya, sobat bisa membuka kran bensin. Untuk tipe motor sport, kran bensin terletak di bawah tangki. Di kran bensin umumnya ada tuas untuk memposisikan kran ke On, Off, dan Rest. Kalau kotoran ada yang masuk, akan berwarna kecoklatan dan harus dibersihkan.

“Untuk membersihkannya bisa memanfaatkan kawat atau kabel yang keras namun elastis. Soalnya, lubang di kran bensin punya tekukan ke bagian atas. Selanjutnya tinggal tusuk-tusuk kawat atau kabel yang disediakan sampai kotoran terbawa keluar,” tegas Abdul. Biar proses pembersihan lebih sempurna, setelah ditusuk dengan kawat, sobat bisa meniup lubang dengan angin kompresor.  (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.