Modifikasi Honda C70 Jadi City Cub Turing

Motorplus - Jumat, 16 Januari 2015 | 05:30 WIB

Berawal dari lihat motor serupa milik temannya, Januar Pabeoda Trisianto langsung terkena suntikan racun maut modifikasi khas city cub. Jadinya modifikasi Honda C70 jadi city cub turing. “Gue jadi pengen punya motor retro klasik kayak gitu. Cuma harus beda konsepnya,” tukas Abed, sapaan akrab Januar.

Beruntung Abed ketemu dengan Udi Visianto dari Roots Motor Garage yang ngendon di Perumahan Departemen Kesehatan 3 No.27, Caman, Jatibening, Bekasi Selatan. “Kalo aliran city cub kan biasanya pakai setang sepeda. Nah, kali ini saya buat dengan konsep choppy cub yang pakai setang tinggi,” ungkap Udi.

Ini bisa dibilang yang tersulit dalam proses modifikasi motor rakitan 1981. Sok depan benar-benar dirancang ulang alias dicustom untuk modifikasi Honda C70 jadi city cub turing. “Sok plus per asli bawaan motor saya bikin konstruksi springer. Namun biar tetap nyaman, per bawaan C-70 yang terkenal empuk tetap saya pasang. Jadi, walaupun kontruksi ini terlihat massive, tapi dijamin empuk saat dikendarai,” yakin Udi

Salah satu bagian yang istimewa dari motor berkelir oranye menyala ini, penerapan tuas pemindah gigi yang menjulang ke atas. Tuh coba pelototin, arm-nya ada 4 buah. “Cukup banyak yang bikin tuas presneling menjulang kayak gini. Namun banyak customer yang mengeluh oper giginya jadi berat. Nah, solusinya saya akali pakai joint as yang bertitik tumpu agak banyak seperti ini. Mekanismenya seperti di transmisi mobil,” jelas Udi lagi.

Nah guna menunjang penggunaan tuas persneling tadi, transmisi juga dibenahi. Rasio gigi yang awalnya masih 3-speed, diubah jadi 4-speed. Jadilah modifikasi Honda C70 jadi city cub turing

“Transmisi bawaan Honda C-70 lebih keras dan kaku. Makanya saya ganti yang 4-speed,” yakin pria yang cukup lama menetap di Bekasi, Jawa Barat ini. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.