Cek Motor Matik Mati Mendadak

Motorplus - Minggu, 29 Maret 2015 | 09:30 WIB

Tommy Agung curhat mengenai Mio GT 2014-nya. Katanya, motor skubek yang baru 10 bulan dipakainya, tiba-tiba mati mendadak. Wah jantungan tuh. “Kejadiannya tanpa ada tanda-tanda. Langsung mati. Padahal kecepatan normal. Lalu diamkan beberapa saat, trus distart, eh, hidup lagi,” katanya. Wah, harus di cek motor matik mendadak biar enggak menyusahkan saat di jalan.

Kejadian serupa juga dialami pengguna skubek lainnya. Beberapa pemilik Honda Spacy PGM-FI juga kerap mengalami mati mendadak tersebut. Kenapa sih skubek dengan pemakaian baru bisa mengalami kejadian seperti itu?

Slamet Instruktur dari Yamaha Technical Academy, coba memberikan analisanya dan cara cek motor matik mati mendadak. “Prinsipnya motor berfungsi itu ada 3 hal yang berpengaruh. Kelistrikan, bahan bakar dan kompresi. Untuk kasus Tommy sepertinya 2 faktor yang perlu dianalisa lebih lanjut. Yakni kelistrikan dan kompresi. Kalau bahan bakar, biasanya diawali dengan gejala. Seperti tersendat. Ini kan tidak,” kata pria yang bermarkas di Pulogadung, Jakarta Timur.

Yuk, cek penyebab motor matik mati mendadak!

KELISTRIKAN

Di bagian ini banyak komponen yang berperan. Busi, koil dan CDI. Paling awal menurut Slamet cek kondisi busi. Ada 3 warna untuk mendeteksi busi. Yakni coklat muda sampai coklat tua, hitam dan coklat muda sekali. Coklat muda hingga tua kondisi busi baik. Hitam mengindikasikan campuran terlalu basah atau bisa juga busi sudah lemah. Sedang coklat muda sekali,  “Campuran udara dan bensinnya terlalu irit atau kering,” ungkap mekanik ramah ini. 

Sedangkan pada koil dan CDI, bila koil bermasalah jarang sekali apinya langsung hilang. Busi masih bisa melentikan bunga api. Tapi, lompatannya kecil dan berwarna merah dan yang bagus berwarna putih kebiru-biruan. Ciri lainnya koil bermasalah, mesin akan susah distart.

Ada ciri CDI bermasalah dan wajib diganti. Yaitu percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet di putaran tinggi. “Tapi paling tepat dengan menggunakan AVO Meter. Bengkel resmi bisa mengecek itu,” kata Slamet.

KOMPRESI BOCOR

Kebocoran kompresi ini banyak penyebabnya. Slamet menemukan beberapa problem ini karena adanya kotoran di ruang bakar. Sehingga kotoran ini saat kondisi panas menahan ring piston yang seharusnya menempel pada dinding liner. “Sehingga kompresi hilang. Coba cek dengan kick starter, ngeloss gak. Kalau iya berarti kompresinya bermasalah,” ungkapnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.