Panduan Substitusi Kampas Rem Depan Matic Yamaha

Motorplus - Rabu, 8 April 2015 | 16:45 WIB

Peranti cieet alias pengereman perannya sangat vital. Karena hanya pada alat ini laju motor sampeyan dapat dikendalikan. Sebut aja Matheus Timothy, penyemplak skubek bikinan pabrikan garputala. Ini dia panduan substitusi kampas rem depan matic Yamaha

“Mau ganti kampas rem depan ke beres (bengkel resmi, red) Yamaha, gue malah disarankan pake punya V-ixion aja. Apa bisa ya?” bingung Mothy, sapaan akrabnya.

Usut punya usut, ternyata panduan substitusi kampas rem depan matic Yamaha memang bisa diganti dengan kampas rem depan non matic garputala. Pasalnya, kampas rem depan bawaan motor sport Yamaha macam V-ixion, Byson hingga Jupiter-Z1 dirancang mempunyai bahan yang sedikit lebih keras agar punya daya tahan yang lebih tinggi untuk mengimbangi cepatnya laju besutan. Namun yang jadi pertanyaan, amankah trik ini digunakan?

Sontak EM-Plus langsung coba kontak pihak pabrikan Yamaha untuk tahu jawabannya. “Trik itu aman-aman saja kok digunakan,” tukas Slamet Kasianom Instruktur Yamaha Technical Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sembari juga beliau menambahkan bahwa penerapan trik ini di skubek besutan sobat juga ada konsekuensinya. Wah, apa tuh?

“Yang namanya spesifikasi spare part, untuk tiap motor pastinya sudah dihitung tingkat akurasi, maupun durabilitasnya. Biasanya lama-lama cakramnya yang malah kemakan. Makanya disarankan tetap pakai jenis part yang direkomendasikan di websitenya Yamaha,” jelasnya.

Kampas rem Yamaha V-ixion maupun Byson hingga Jupiter-Z1 itu punya kode spare part 5D9-F5805-10, harganya Rp 70 ribu. Sedangkan kampas rem bawaan skubek Yamaha kayak X-Ride, Mio J, Mio GT, Xeon RC maupun Xeon GT125 dan sebagainya, umumnya pakai yang 3C1-F5805-10 harganya Rp 55 ribu. So, pilih mana? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.