Uji Shell Advance Masuk 5000 KM, Hasil Uji Laboratorium

Motorplus - Selasa, 10 Februari 2015 | 18:47 WIB

Dinding piston BeAT setelah menempuh jarak 5.000 Km

Selain tes performa dan memeriksa tingkat keausan komponen bergerak di dalam mesin, juga dilakukan uji laboratorium pada oli Shell yang digunakan. Berikut ini hasil uji lab-nya.  

Honda Supra X 125

Masuk 5.000 km, terjadinya keausan part yang cukup tinggi. Tapi, penyebabnya bukan karena oli. Melainkan dari ring piston yang aus. Karena sebelum pengujian oli Shell ini, kondisi ring piston sudah mulai aus. Sehingga terjadi high fuel dilution, alias terdapat sisa pembakaran (gosong di dinding piston). Otomatis, viskositas oli jadi turun.

Honda New BeAT FI

Komponen yang dilumasi oli, masih normal. Hanya saja viskositasnya menurun. Namun, penurunan viscositas ini sama seperti menggunakan oli anjuran pabrik. Penurunan viscositas, karena kondisi jalan raya Jakarta punya karakter stop and go. Sehingga, memacu oli bekerja lebih maksimal.

Kawasaki New Ninja 250

Kekentalan oli mengalami penurunan. Namun, komponen di New Ninja 250 masih normal. Penurunan viskositas oli, dikarenakan karakter jalan Jakarta yang memicu buka-tutup gas lebih sering. Menyebabkan beban yang diterima oli lebih besar. Sebaiknya sebelum menempuh jarak 5.000 km, dianjurkan untuk melakukan penggantian oli. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.