Virus Pelek Jari–Jari Thai Look di Kawasaki Ninja 250

Motorplus - Senin, 16 Maret 2015 | 08:45 WIB

Ada virus unik nih, bor! Beberapa two wheelers pengguna Kawasaki Ninja series, lagi kejangkit pelek jari-jari cungkring ala Thai look. Mungkin kalau di Ninja 2-tak (150R dan 150RR), hal itu sudah gak aneh lagi. Virus pelek jari–jari Thai Look di Kawasaki Ninja 250.

“Pake pelek jari-jari kecil buat akselerasi kencang lebih enteng. Sayangnya, untuk cornering kurang bagus. Suka ngebuang. Tapi buat tampilan sih oke tuh,” bilang Dhaka, pembesut Ninja 250R dari komunitas Kanibal yang base camp-nya di Citra Raya, Bundaran Tiga, Tangerang.

“Kalo saya sih pakai pelek jari–jari karena secara tampilan lebih keren, menimbulkan rasa percaya diri, serta untuk cari sensasi buat dipejeng saat kongkow ajah. Selain itu juga gunanya bisa juga untuk lagi balapan,” papar Iwan Kusdioanto, Presiden Komunitas Kanibal yang geber Ninja 150R.

Supaya virus pelek jari–jari Thai Look di Kawasaki Ninja 250 bisa diterapkan, Dhaka menggunakan tromol depan Yamaha Mio buat menyangga pelek bagian depan Ninja 250R miliknya. Boleh juga pakai punya New Vega atau Jupiter. Namun kudu ada penyesuaian di bushing as rodanya. Sementara belakangnya bisa pakai tromol Ninja 150RR yang model jari-jari. Kalau peleknya sih bebas. Bisa pakai untuk drag bike dengan ukuran 2,15x17” hingga 2,25x17”.

Oh ya, buat pengguna Ninja 150R, penerapan pelek jari-jari ini bila masih pakai swing arm standar, kata Iwan efeknya buritan suka ngebuang atau goyang. Untuk mengatasinya, biasanya diganti pakai swing arm Ninja 150RR. “Lebih stabil dan tidak goyang,” akunya.

Meski begitu, karena ukuran roda yang lebih kecil, sementara dimensi dan bobot Ninja series lumayan berat, baik Dhaka dan Iwan tidak menyarankan motor dipakai buat cornering. “Pada kecepatan 50 km/jam saja bisa buritannya gampang ngebuang, apalagi buat kecepatan tinggi. Bahaya juga untuk digunakan jarak jauh,” wanti keduanya.

Selain itu, pelek juga mudah speleng bila terkena jalan berlubang. Kalo lubang berjalan sih ridernya yang tengleng, hahaha… “Minimal bisa bikin ban bocor halus. Karena keluatan pelek menopang beban kurang kokoh. Sehingga kadang suka menekan dan menusuk ban dalam. Saran kami sih kalau motor buat dipakai harian mendingan pake pelek lebar atau standar,” saran bro Hidayatullah dari Tigaraksa, Tangerang yang mengadopsi pelek jari-jari cungkring di Ninja 150RR miliknya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular