Alasan Ban Depan MX King 150 Dibuat Kecil

Motorplus - Senin, 16 Maret 2015 | 20:00 WIB

Salah satu bagian yang terlihat aneh di Yamaha MX King 150, adalah ban depan. Ukuran ban depannya yang 70/90-17 jauh lebih kecil dibandingkan ban belakang MX King 150 yang 120/70-17. Bikin penasaran apa alasan ban depan MX King 150 dibuat kecil. Apalagi, ukuran ban masih lebih kecil dari generasi sebelumnya yang masih menggunakan ban belakang tidak terlalu besar.

"Alasan ban depan MX King 150 dibuat kecil untuk menjaga kelincahan. Dengan ukuran ban depan yang lebih kecil motor akan lebih lincah untuk menembus jalur perkotaan. Sedangkan untuk kestabilan, bisa dibantu oleh ban belakang," ucap Dirdhana, Education & Technical Publication Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Secara fungsi, ban depan dan belakang itu berbeda. Ban depan berfungsi untuk grip dan handling. Sedangkan ban belakang berfungsi untuk kestabilan. Makanya, dengan menggabungkan ukuran ban depan yang kecil dengan ukuran ban belakang yang lebar, bisa menghasilkan sesuatu yang saling mendukung. Motor akan terasa lincah saat menghadapi kemacetan dan tetap stabil saat berjalan di kecepatan tinggi. Itu alasan ban depan MX King 150 dibuat kecil. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan




YANG LAINNYA

Tag Popular