Tua-Tua Keladi Jawara Penuh Aksi

Motorplus - Jumat, 27 Maret 2015 | 12:00 WIB

Yamaha RX-Z keluaran 1991 ini tergolong lawas di ajang adu kebut lurus malam hari. Tapi meski sudah uzur, dia lupa usia. Justru makin jadi alias tua-tua keladi. Buktinya rekor sport 2-tak Garpu Tala ini di trek gopek meter di kawasan Tangerang, Jakarta Timur dan Bekasi terbilang wow! Kemenangan demi kemenangan sering diraih. Tua-Tua Keladi Jawara Penuh Aksi.

Malah, lawannya punya spek yang lebih tinggi macam Kawasaki Ninja standaran. Wajar saja, soale sang mekanik, Erwin, sudah menangani motor RX-Z ini lebih dari 20 tahun. Dan sipnya lagi, motor ini lebih banyak memaksimalkan part bawaan motor, alias standar. Kayak apa sih korekan Tua-Tua Keladi Jawara Penuh Aksi ini?

Tinggi lubang exhaust dipapas jadi 25,5 mm. Itu setelah diukur dari ujung silinder atas setelah kepala silinder dilepas. Sedangkan untuk lubang transfer, masih standar alias belum terkena sentuhan pisau korek.

Volume head dibuat jadi 13,4 cc dengan cara papas head. Rasio kompresi mesin setelah diukur dapat 7,1 : 1. “Dengan ukuran lubang buang dan kompresi segitu, putaran mesin wajib dipanteng di atas 5.000 rpm. Tujuannya buat memancing tenaga saat mau start. Di bawah rpm itu sudah pasti akan ngoook,” jelas Erwin sang mekanik Tem’s Racing.

Untuk mengimbangi bagian mesin yang telah mengalami koreksi, komponen seperti gigi rasio juga mengalami penyesuaian di gigi I dan II saja. Sisanya, standar bawaan motor. Untuk gigi I pakai perbandingan 13/33 mata. Sedang gigi II, 16/28 mata. Bener-bener Tua-Tua Keladi Jawara Penuh Aksi (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Karburator    : Mikuni VM 26
Membran   : V-Force
Knalpot   : Custom
Pelek depan   : Takasago 1.20X17

Pelek belakang : Takasago 1.85X17

Tem’s Racing  : 0813-1144-5958

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.