Pilihan Ban Impor Untuk Motor Sport 250 cc

Motorplus - Rabu, 8 April 2015 | 12:15 WIB

Ban impor masih jadi pilihan utama penunggang motor jenis sport 250 cc. Pilihan ban impor untuk motor Sport 250 cc paling banyak diburu, produk bikinan Bridgestone tipe Battlax Hypersport S20 yang dibanderol kisaran Rp 2,8 - 3 juta untuk sepasangnya. Selain punya model pattern sporty dan kompon yang bagus, nama Battlax juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penunggang motor sport 250 cc di Indonesia.

“Kualitas ban Battlax sudah teruji sejak dulu. Makanya, hampir 90 persen anggota KNI pakai ban jenis ini. Selain kualitas yang bagus, harganya masih terjangkau. Kita juga pilih Battlax S20 karena lebih awet dibanding ban soft compound lainnya,” beber Irwan Effendy, pengurus pusat Kawasaki Ninja Indonesia (KNI).

Pilihan ban impor untuk motor Sport 250 cc bukan cuma merek dan model, ukuran juga wajib diperhatikan. Buat yang masih gunakan pelek standar, pakai ban ukuran 120/60-17 untuk ban depan. Belakangnya, bisa pakai ukuran 150/60-17 atau 160/60-17. Tinggal sesuaikan selera. Dengan ukuran ban segitu, profil ban akan membulat seperti donat yang membuat efek sporty layaknya ban motor balap.

Selain Battlax, belakangan pengguna motor sport 250 cc banyak yang menggunakan Michelin Pilot Power 3. Ban yang masuk ke Indonesia pertengahan tahun lalu ini, punya kasta dan harga yang hampir sama dengan Battlax S20. Namun, Michelin Pilot Power 3 memiliki desain pattern garis lurus yang lebih rapat dan terlihat sporty. Maklum, selain performa, bikers di Indonesia sangat memperhatikan pattern atau pola kembang ban.

“Pola kembang ban yang berbentuk garis lurus rapat lebih enak dilihat. Komponnya juga lembut cocok buat kondisi aspal basah maupun kering. Saya juga sempat gunakan untuk latihan balap di sirkuit Sentul. Meski bukan ban balap, cengkramannya masih kuat,” tambah Benny Saputra yang gunakan Michelin Pilot Power 3 di Yamaha YZF-R25 miliknya.

Selain ban impor, beberapa juga ada yang menggunakan ban lokal. Pilihannya disesuaikan selera saja. “Buat ban lokal, banyak yang pakai Zeneos. Rata-rata suka dengan model pattern dan daya cengkramnya juga bagus. Kebanyakan pakai Zeneos ZN 91 dan ZN 62,” tutup Irwan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.