Rahasia Korekan Upin Bikinan MP Products

Motorplus - Senin, 18 Mei 2015 | 14:24 WIB

Kehebatan MP Products dalam oprek motor 2-tak memang tidak diragukan lagi, hasil-hasil karyanya sering menjadi jawara di sekitaran Jabotabek. Setelah bikin Iwak Peyek tenar di kalangan balap malam, bengkel yang bermarkas di Jl. Raya Jatibening, Bekasi, Jawa Barat ini bikin kembarannya dengan spek hampir sama. Nih rahasia korekan Upin bikinan MP Products.

“Motor ini gue julukin si Upin. Karena kayak Ipin Upin kalau dilihat dari speknya. Terakhir main lawan satria, pernah juga lawan Ninja 150R menang, tapi sayangnya kecot dan gak dibayar,” tutur Joe Kosasih, sang pemilik motor lansiran tahun 2000 ini. Maksud loe speknya kayak Ipin Upin tuh piye, bor? Nih rahasia korekan Upin bikinan MP Products.

BLOK SILINDER

Biar lari motor gesit macam Ipin Upin, volume silinder digedein dikit dengan bore up diameter piston pakai punya standarnya Suzuki RGR yang berukuran 59 mm. Alhasil, kapasitas mesin bengkak jadi 133,9 mm. Tak cukup sampai di situ, lubang buang dikorek berbentuk oval dengan tinggi 24 mm dan lebar 42 mm. Lubang transfer maupun inletnya pun tak luput dari pisau korek.

HEAD SILINDER

Bagian dipapas 2 mm buat naikin kompresi. Dengan perhitungan tinggi exhaust 24 mm plus ubahan pada kubah kepala silinder yang dibikin squish selebar 8 mm, ketemu kompresi atas sebesar 6,8 : 1. Sedangkan, jika dihitung dengan kompresi bawah, totalnya jadi 13 : 1.

PENGAPIAN

Mempercayakan CDI standar yang dipadukan dengan koil Yamaha YZ125, magnet pun masih dibiarkan standar. Untuk mengabut bahan bakar ke ruang bakar, masih andalkan karbu standar. Tapi, direamer lagi jadi 23 mm. Spuyernya, pakai pilot jet ukuran 50 dipadu main jet 140 yang diasupi bahan bakar bensol. Jadi begitu rahasia korekan Upin bikinan MP Products. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI:

Pelek depan   : TK 1.40x17

Pelek belakang : TK 140x17

Knalpot   : Joyo Racing Muffler

Joe Kosasih   : 0821-1290-0703

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.