Nih Motor Pengawal Presiden di KAA

Motorplus - Senin, 27 April 2015 | 14:00 WIB

Peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Bandung meninggalkan banyak cerita. Salah satunya, motor pengawal presiden di KAA. Pasti motor yang digunakan spesial. Soalnya, selain berguna untuk membuka jalan, pasukan bermotor ini bertugas mengamankan para presiden dari 91 negara yang datang.

Barisan terdepan motor pengawal presiden di KAA diisi oleh Harley-Davidson Electra Glide. Biasa disebut H-D Police. Motor ini jadi langganan pengawal tamu-tamu spesial dari negara lain yang datang ke Indonesia. Motor ini dibekali mesin berkonvigurasi V dua silinder dengan kapasitas mesin 1.690 cc. Dari spesifikasi resmi, motor ini punya torsi 142 Nm. Konsumsi bahan bakarnya, 5,6 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km. Harganya, $ 23.249 atau sekitar Rp 301 juta di Amerika. Kalau di Indonesia, harganya bisa lebih dari Rp 800 juta.

Motor kedua diisi motor Honda GL1800 Goldwing. Motor ini sudah lama dipercaya menjadi salah satu bagian dari tim pengawal presiden Indonesia. Makanya, Goldwing juga dimanfaatkan sebagai pengawal di KAA ini. Goldwing dibekali mesin berkapasitas 1.832 cc. Motor ini juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan canggih seperti airbag, navigasi dan radio. Aman dan keren untuk mengawal tamu khusus sekelas presiden.

Terakhir, motor pengawal pengawal presiden di KAA di isi oleh Yamaha FZ1. Berbeda dengan dua motor sebelumnya. FZ1 hadir dengan model street fighter yang sangar. Bisa dibilang ini menjadi motor 'penyapu'. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pengawal yang menggunakan motor ini bisa bergerak lincah dan cepat. Motor ini dibekali mesin DOHC inline 4 silinder dengan kapasitas 998 cc. Motor ini diklaim punya tenaga maksimal 146,8 hp / 11.000 rpm dengan torsi maksimal 106 Nm / 8.000 rpm. Sangat bertenaga untuk mengejar penjahat yang membuat kekacauan.

Itulah tadi motor-motor sangar yang dipercaya pemerintah Indonesia untuk menjaga tamu negara di KAA yang berlangsung pekan lalu. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular