Bikin Enteng Tuas Kopling dan Rem Kawasaki Ninja 150 RR

Motorplus - Jumat, 24 Juli 2015 | 07:28 WIB

Ada cara gampang buat bikin enteng tuas kopling dan rem Kawasaki Ninja 150 RR. Buat penggunaan harian, trik ini sangat bermanfaat. Sebab, bisa mengurangi beban pada jari tangan saat menemui jalan yang macet. Tangan jadi enggak cepet pegal tanpa mengurangi performa motor yang digunakan.

Triknya simpel bikin enteng tuas kopling dan rem Kawasaki Ninja 150 RR, cukup ganti handle rem dan koplingnya saja. Bukan pakai part aftermarket. Tapi, pasang handle rem dan kopling asli milik Kawasaki Ninja 150 R. Sebab, meski kasat mata terlihat sama, ada kontruksi yang berbeda di handle rem dan kopling dua motor sport ini.

“Kalau diperhatikan sungguh-sungguh baru kelihatan. Handle punya Ninja 150 R dilengkapi semacam bushing pada lubang bautnya. Beda dengan handle Ninja 150 RR yang bisa dibilang polosan. Ini bikin gerak handle Ninja 150 R lebih lancar saat digunakan. Efeknya, handle jadi lebih enteng buat ditarik,” ucap Daeng Tedong alias Endon yang buka workshop Posyandu Ninja di Kalibata, Jakarta Selatan.

Buat cara pemasangannya gampang, tidak perlu ada penyesuaian. Cukup buka handle asli menggunakan kunci 8. Lanjutkan dengan ganti handle lama dengan handle baru milik Ninja 150 R. Namun musti diingat, untuk bagian kopling tidak bisa hanya mengganti handle saja. Harus dibeli satu set dengan pegangan handle yang terpasang ke setang berikut kabelnya. Biar hasil lebih maksimal bor!

Masalah harga, bisa dibilang lebih murah dari harga handle aftermarket adjustable yang dijual di pasaran. Sobat bisa tebus untuk bagian depan seharga Rp 25 ribu. Sedang satu set handle kopling berikut dudukan ke setang, banderolnya Rp 80 ribu. Ditambah kabel kopling Rp 50 ribu. Jadi sobat cuma butuh biaya Rp 155 ribu buat bikin enteng tuas kopling dan rem Kawasaki Ninja 150 RR. Modal sedikit yang penting bikin pegel di jari tangan ilang. Ecess!!! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular