Total Oil Cegah Kampas Kopling Cepat Aus

Motorplus - Rabu, 10 Juni 2015 | 07:47 WIB

Salah satu musuh bebuyutan para off-roader bisa kejadian kampas kopling gosong. Apalagi, rutenya terus menanjak atau melewati tanah gembur maupun lumpur. Kejadian ini dialami beberapa awak redaksi MOTOR Plus saat mendaki puncak gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat dalam gelaran Ekspedisi Ekstrim Papandayan (EEP) akhir bulan lalu (30/5). Obatnya Total Oil cegah kampas kopling cepat aus.

Problemnya pelumaan enggak membasahi kampas kopling dengan maksimal. Tambahan, kopling bekerja setengah. Geekan jadi pemicu cepat habisnya kampas kopling.

“Seharusnya sebelum berangkat, oli mesinnya ditambah sekitar 500 ml, kang. Kalo kami di sini ngakalinnya gitu. Bisa awet sampai setahun motor dipakai naik-turun gunung,” saran (sebut saja) Asep, akamsi (anak kampung sini (kawasan Papandayan), red) yang jadi ranger dalam tim evakuasi EEP.

Jadi, lanjut Asep, misalnya volume oli standarnya 1 liter, ditambah jadi 1,5 liter. Pemilihan oli juga sangat penting diperhatikan. Soalnya, perbedaan ketinggian permukaan tanah, mempengaruhi suhu sekitar, sehingga butuh pelumas yang mampu mengakomodir kebutuhan pelumasan mesin di berbagai kondisi cuaca. Termasuk di pegunungan yang umumnya dingin.

Nah, dari hasil pengujian yang pernah EM-Plus lakukan Total Oil cegah kampas kopling cepat aus. Total Hi-Perf 4T Sport+ termasuk salah satu oli yang mampu menjaga performa mesin di berbagai kondisi cuaca yang ada di Tanah Air. Baik itu saat musim panas, hujan, di pesisir pantai, hingga pegunungan. Buktinya, performa mesin Kawasaki KLX 150 yang dibesut EM-Plus tetap terjaga buat mendaki puncak Papandayan yang suhunya lebih dingin dibanding di dataran rendah.

Selain itu, Total Hi-Perf 4T Sport+ merupakan pelumas semi sintetik yang sudah disuntik additive anti slip kopling, sehingga pemakaian kopling jadi lebih awet. Ditambah lagi, pelumas ini mampu menjaga komponen bergerak di dalam mesin dari gesekan ekstrem. Dengan tingkat kekentalan SAE 10W-40 dan API Service SL, dijamin sanggup melayani pelumasan mesin-mesin motor modern macam Kawasaki KLX 150 maupun motor jenis sport lain. Termasuk, motor-motor injeksi.

“Produk Total ini sudah bersertifikasi JASO MA2. Speknya lebih tinggi dari JASO MA,” tukas Dadi Budikusumah, selaku Technical Manager Automotive PT Total Oil Indonesia. Itu kalau buat motor jenis sport. Untuk yang lebih demen adventuran pakai motor matik alias skubek, boleh nih pakai Hi Perf 4T Scooter.

“Oli kami jejali teknologi Super Strong Film. Berupa additive dengan molekul yang strukturnya kayak pegas, sehingga membentuk lapisan pelumas yang lebih kuat. Tujuannya buat meminimalkan friksi secara drastis pada komponen bergerak yang kerjanya berat kayak mesin motor matik,” terang Dadi lagi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.