Kawasaki Z250 Neo Cafe Racer

Motorplus - Kamis, 9 Juli 2015 | 20:52 WIB

Siswo Winoto dari rumah modifikasi Win’s Paddock (WP) Purwokerto bikin kreasi baru. Lajang mesra disapa Wiwin ini meramu tampilan dari jenis mesin berkarakter sport jadi Cafe Racer (CR). Temanya merujuk konsep CR yang singset, namun bermesin segar. Jadi deh Kawasaki Z250 neo cafe racer alias Cafe Racer Modern.

Kawasaki Z250 neo cafe racer mengorbankan unit gress Kawasaki Z250 yang diboyong dari dealer langsung ke bengkel WP.

“Saya sengaja pakai Z250, apalagi temanya CR yang minim bodi. Jika pakai bahan Ninja 250 sayang, harganya juga terpaut Rp 10 juta. Daripada fairing dibuang, lebih baik beli Z250. Untuk konsep modifikasinya simpel, namun tenaga tetap besar,” celoteh Kurnia Budy asal kota Gudeg, Jogjakarta pemilik motor yang juragan peternakan ayam ini.

SASIS

Rombakan sasis baru sesuai dengan konsep Kawasaki Z250 neo cafe racer. Caranya konstruksi sasis diubah ulang dari bentuk awal main frame menjulur ke belakang dimajuin kedepan. Langkah ini agar secara visual tampilan lebih padat. Sebab, beberapa komponen dibuat simpel. Misalnya saja peranti kelistrikan, diumpetin di dalam cover karbu gaya H-D Sportser dibagian kiri silinder mesin. Termasuk filter udara, comot produk variasi K&N agar mudah maintenance. Material sasis main frame ini memakai bahan serupa sasis bawaan pabrik, termasuk sistem pengelasannya.

SUB FRAME

Olahan sub frame belakang memakai pipa 22,5 mm. Konstruksinya dibuat sederhana dengan mekanisme knock down memakai ikatan baut L ukuran 12 mm. Jadi, sub frame bisa dicopot saat dibutuhkan. “Untuk dudukan sub frame dibagian bawah tangki juga pakai baut L 12 mm, memudahkan untuk ganti konsep bodi dilain waktu,” yakin modifikator yang punya workshop di Jl. Sunan Ampel No. 11, Pabuaran, Purwokerto, Jawa Tengah ini.

BODI

Gaya CR ini dipadukan dengan kentalnya nuansa klasik lewat bentuk tangki dan bodi belakang. Material menggunakan bahan fiberglass 4 lapis. Namun, beberapa komponen seperti sepatbor depan-belakang, cover radiator dan cover karbu gaya H-D disebelah mesin memakai material carbon asli. Wiwin memang sedang mengembangkan bodi dengan bahan enteng dan stylish ini. Namun harganya enggak enteng bro! Wkwkwkwk!

KAKI-KAKI

Mengimbangi tampilan bodi yang gagah, Wiwin masih pakai ajrutan depan bawaan pabrik. Nuansa old school tersirat dari bentuk teleskopik yang besar, sebagai penyeimbang aroma lawas dipadukan dengan karet sokbreker depan gaya klasik. Nah, untuk buritan dibuat kekar dengan lengan ayun aftermarket Delkevic. Termasuk pelek depan-belakang dari brand serupa. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI:

Ban depan          : Michelin 120/60-17

Ban belakang       : Michelin 180/50-17

Pelek              : Delkevic

Sok belakang       : Kayaba

Knalpot            : Yoshimura

Setang             : Original

Swing arm          : Delkevic

WP                 : 0815-4888-6755

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular