Tes Paket Blok Dan Silinder Head UMA Racing

Motorplus - Senin, 27 Juli 2015 | 20:00 WIB

Di balap fun race maupun harian, ada yang sedang curi perhatian nih, yaitu blok bore up dan super head dari UMA Racing. Sebenarnya, ini sudah lama dilaunching. Namun, kini mencuat karena sebagian pemakai head ini menjadi jawara di ajang fun race maupun balap OMR yang diadakan pabrikan. Kali ini www.motorplus-online.com tes paket blok dan silinder head UMA Racing

Blok dan head asal negeri tetangga Malaysia ini, diklaim bisa memuntahkan tenaga hingga 28 hp. Sebenarnya, blok dan head dari UMA Racing ini diperuntukkan untuk Yamaha Jupiter MX 135LC. Namun, tidak menutup kemungkinan dipakai pada Yamaha V-ixion series, dan Yamaha YZF-R15.

Penggunaannya, hanya dibedakan dari intake yang dipakai saja. Ada intake yang bisa dipakai untuk sistem pengkabut karburator dan injeksi beserta throttle body-nya yang venturinya berdiameter 32 mm. Head ini, diklaim proses pembuatannya full computerize, menggunakan mesin CNC yang sangat presisi.

Tes paket blok dan silinder head UMA Racing diukur flownya menggunakan mesin flowbench, Superflow SF-260 kepunyaan Adri Racing Motorsport yang bermarkas di Komplek Taman Pulo Indah Blok L No. 24, Penggilingan, Jakarta Timur.

“Head ini sudah sesuai dengan rumus-rumus yang ditanamkan Graham Bell. Hasil flownya terbaca di kisaran 80 Cfm. Sedangkan potensial horse power (hp) yang dihasilkan dari head ini bisa sampai 24-25 hp, itu jika menggunakan part full UMA sampai ke intake-nya,” tukas Adriansyah, pemilik Adri Racing Motorsport.

Masih menurut Adri saat tes paket blok dan silinder head UMA Racing, “Sebenarnya banyak juga tuner-tuner Tanah Air yang bisa membuat head mencapai nilai Cfm tersebut. Namun, head dari UMA Racing ini sedikit unggul. Pasalnya, isapan valve-nya bisa sampai 18%. Sedangkan bikinan mekanik balap kita, yang headnya pernah diflow di sini, isapan valve-nya maksimal ada di angka 12%,” bebernya.

Head UMA Racing, standarnya sudah cukup enak. Namun, karena ini produksi massal, ada bagian porting yang masih kasar. Tapi, hanya butuh penghalusan sedikit saja. Apalagi dipakai di mesin injeksi, yang butuh udara yang sangat lancar dan cepat, cukup buang kulit jeruknya saja dan dihaluskan sampai licin seperti kaca, tanpa harus bentuk ulang lubang porting,” tambah Nazarrudin alias Najor, chief mekanik dari R9 Store yang berada di Jl. Sukarjo Wiryopranoto  No. 95, Jakarta Barat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.