Fungsi Tombol di Motor MotoGP

Motorplus - Minggu, 19 Juli 2015 | 11:02 WIB

Setelah dibikin pusing dengan arti tombol "BRK" di tunggangan Valentino Rossi, sekarang Suzuki mau kasih tahu fungsi tombol di motor MotoGP. Tentunya bukan tombol motornya si Rossi, tapi tombol di Suzuki GSX-RR yang dipakai pembalap Suzuki di MotoGP. Penjelasan ini dikasih tahu langsung oleh akun resmi Suzuki di Instagram.

Fungsi tombol di motor MotoGP Suzuki sangat beragam. Total ada tujuh tombol yang tersedia yakni tiga tombol di setang kiri dan empat tombol di setang kanan. Meski ada yang punya warna sama, namun fungsinya berbeda-beda.

Kita mulai dari bagian kanan yang diisi tombol berwarna biru, merah, kuning dan hijau. Tombol biru ini untuk mengaktifkan launch control. Biasa dipakai saat rider melakukan start supaya motor tidak terlalu liar dan dapat traksi maksimal. Tombol merah berfungsi sebagai stop kontak. Kalau pembalap mau mematikan GSX-RR bisa tekan tombol ini. 

Untuk tombol kuning di setang kanan, berfungsi mengaktifkan speed limiter. Tombol ini dipakai saat motor masuk pit. Kecepatan motor langsung dibatasi menjadi 60 km/jam sesuai dengan peraturan. Sedangkan tombol hijau yang posisinya paling bawah, bisa dibilang saklar lampu. Jika pembalap menekan tombol ini lampu rem yang ada di bagian buntut akan menyala. Biasanya digunakan saat balapan berlangsung hujan.

Pindah ke setang kiri fungsi tombol di motor MotoGP juga berbeda dari sebelah kiri. Tombol di setang kiri ini berfungsi buat memilih mapping ECU yang diinginkan pembalap. Cara settingnya dengan menekan tombol kuning untuk membuka menu. Untuk memilih mapping yang diinginkan, tinggal pencet tombol biru untuk menaikan kursor atau tombol merah untuk menurunkannya. Gampang-gampang susah.

Sekarang sobat udah enggak terlalu penasarankan dengan fungsi tombol di motor MotoGP. Pada pabrikan lain fungsi tombolnya pasti kurang lebih sama. Hanya bentuk dan posisinya saja yang sedikit berbeda. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular