Balap di Suzuka 8 Hours Mirip MotoGP

Motorplus - Kamis, 23 Juli 2015 | 18:47 WIB

Ada pembalap yang bilang balap di Suzuka 8 Hours mirip MotoGP. Tentu enggak semua pembalap yang bilang seperti ini. Cuma Bradley Smith dan Pol Espargaro saja yang bilang balap di Suzuka 8 Hours mirip MotoGP. Tentu ada alasan khusus yang bikin pembalap yang masih aktif di MotoGP dan ikut di balap ketahanan Suzuka 8 Hours ini bilang seperti itu. 

Alasan utama Smith bilang balap di Suzuka 8 Hours mirip MotoGP adalah soal motor. Motor All New Yamaha YZF-R1 yang digunakan dibilang sangat mirip dengan Yamaha YZR-M1 di MotoGP. Tentu bukan sama dalam hal tampilan apalagi tenaga. Tapi, karakter mesin dan motornya sangat identik. Maklum, R1 memang mengambil banyak DNA dari M1. Apalagi, motor ini juga hasil rekayasa Yamaha dan Valentino Rossi. Wajar kalau karakternya mirip. Sebab, M1 juga mewarisi banyak masukan dari Rossi.

Selain motor, hal yang bikin balap di Suzuka 8 Hours Mirip MotoGP adalah soal ban. Ban yang digunakan sama-sama buatan Bridgestone. Tentu tidak menggunakan spek ban yang sama dengan MotoGP. Tapi, karakter bannya kurang lebih sama. Ini jadi keuntungan tersendiri buat pembalap MotoGP yang ikut di balap ketahanan ini. Sebab, mereka tidak perlu banyak beradaptasi dengan ban yang mereka gunakan. Maklum, ban sangat penting untuk menentukan pembalap cepat atau lambat.

"Banyak kemiripan antara motor dan juga ban yang digunakan. Ini sangat berbeda dari apa yang bayangkan sebelumnya. Saya sangat suka balap di sirkuit Suzuka. Banyak variasi tikungan yang sangat menyenangkan. Semoga semua berjalan lancar hingga lomba mendatang," tutup Smith. (www.motorplus-online.com

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.