Honda CB150R Juara HRC Banjarbaru Kalimantan Selatan

Motorplus - Selasa, 15 September 2015 | 06:24 WIB

Besutan Alpian Ridhuannor dari tim Honda Trio Motor ini, berhasil kuasai kelas HRC 1 di gelaran HRC Seri 3 Banjarbaru, Kalimantan Selatan beberapa waktu (23/8) lalu. Padahal mesin Honda CB150R jebolan 2015 andalan rider lokal tersebut sempat turun mesin alias jebol di race 1, sehingga harus ganti pakai mesin standar di race 2. Mau tahu rahasia Honda CB150R juara HRC Banjarbaru Kalimantan Selatan?

“Tapi kami pede karena sudah ketemu setingannya. Terutama di sektor kaki-kaki, sehingga kami bisa raih kemenangan di race 2,” ungkap dari Very Tranggono owner PnP Performance yang jadi otak pembuat tunggangan Alpian.

SILINDER & KOMPRESI

Meski ngebul di race 1 dan harus tukar mesin standar di race berikutnya, Honda CB150R juara HRC Banjarbaru Kalimantan Selatan tunggangan Alpian ini sudah mendominasi sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi. Kunciannya, sang mekanik tim Upik Wel-Wel menggusur piston standar dengan piston FND ukuran 63,5 mm yang sudah mengusung teknologi forging dan punya dome setinggi 2 mm. Berkat piston ini pula, rasio kompresi bisa diset di angka 12,5 : 1 untuk minum Pertamax Plus.

HEAD

Di bagian ini, per klep pakai keluaran SRP yang punya tebal 2,8 mm dan tinggi 41,6 mm. Diameter payungnya 12,7 mm untuk bagian isap dan 14,3 mm pada ex.

Untuk pengatur buka-tutup klep Honda CB150R juara HRC Banjarbaru Kalimantan Selatan, Upik custom ulang durasi kemnya sebesar 265° dengan overlap 2,5 mm dan lift 9 mm untuk bagian in. Bukanya mulai 30° sebelum TMA dan menutup di 55° setelah TMB. Sedang ex-nya dibikin 264° dengan overlap 2,7 mm dan lift 9 mm. Membuka di 56° sebelum TMB dan menutup 28° setelah TMA.

KAKI-KAKI

Ini yang jadi kuncian sang Honda CB150R juara HRC Banjarbaru Kalimantan Selatan local hero raih kemenangan. “Kami sengaja fokus di sektor kaki-kaki, karena mayoritas sirkuit di Kalimantan umumnya pendek-pendek dan patah-patah. Sehingga, peran suspense juga sangat menentukan,” jelas Upik.

Trik yang diterapkan, sokbreker belakang diganti pakai merek RPM yang setingnya bisa diadjust sesuai karakter sirkuit. “Nah, wheelbase motor juga kami sengaja bikin lebih pendek 20 mm, dengan cara memajukan lubang swing arm. Sementara itu lubang suling sokbreker depan dibuat lebih kecil 0,5 mm dari standarnya. Itu yang bikin Alpian bisa lebih enak belak-beloknya,” bebernya.

ECU

Injektor & Throttle Body (TB) Honda CB150R juara HRC Banjarbaru Kalimantan Selatan masih gunakan standar pabrikan. Hanya ECU sebagai otak motor kini pakai aRacer RC1, dengan setingan air fuel ratio (AFR) di 12,6 : 1. (www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi :

Sok belakang  : RPM

Knalpot   : WRX GP6

ECU  : aRacer RC1

PnP Performance    : 0821-5773-6048

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.