Modifikasi Pompa Oli Yamaha Byson Untuk Mesin Yang Sudah Diupgrade

Motorplus - Jumat, 18 September 2015 | 05:50 WIB

Mesin motor yang sudah diupgrade, tak jarang kurang suplai oli. Penyebabnya pompa oli bawaan pabrik saat di putaran tinggi tidak sanggup menyuplai. Mengatasinya bisa modifikasi pompa oli Yamaha Byson untuk mesin yang sudah diupgrade daripada beli pompa oli high flow aftermarket harganya masih terlalu mahal.

Modifikasi pompa oli Yamaha Byson untuk mesin yang sudah diupgrade bisa untuk Yamaha V-ixion, YZF-R15 dan Jupiter MX 135LC, bisa memodifikasi pompa oli original Yamaha Byson. “Pompa oli aftermarket yang beredar di pasaran lebih besar dibanding pompa oli orisinil V-ixion. Namun, kepunyaan Yamaha Byson lebih besar lagi,” beber Toga Fantiarso, owner Gas Motor di Jl. M. Kahfi II, No. 48, Cipedak 2, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Gampangnya, modifikasi pompa oli Yamaha Byson untuk mesin yang sudah diupgrade dengan  pompa oli Byson kisaran Rp 100 ribu. Lalu dimodifikasi lagi ke tukang bubut. Caranya buang bagian yang kena gear pompa olinya sedalam 2 mm. Supaya gear pompa oli bisa berputar tanpa macet. Untuk lebih jelasnya, sobat bisa lihat foto yang terlampir.

Bagi yang tidak mau repot, Gas Motor juga menjual yang sudah dimodifikasi. Hanya merogoh kocek Rp 150 ribu saja tuh, bro. “Pengerjaannya tidak bisa asal bubut, karena materialnya sangat tipis. Jika main bubut pompa oli bisa melengkung,” jelas Toga.

Mengata agar tidak melengkung, sebelum dibubut pompa oli harus dibikin dudukan dan dibaut terlebih dahulu. Ibaratnya dibikin zig-nya dulu, supaya tidak berubah posisinya. Lalu, lubang bautnya pun ikut dibubut, agar tidak perlu mengganti dengan baut yang lebih panjang

Setelah proses bubut selesai, pemasangannya pun tinggal bolt on saja. Karena posisi baut antara pompa oli V-ixion dan Byson sama. “Efeknya, setelah menggunakan pompa oli Byson, sirkulasi oli yang naik ke head jadi lebih deras dibanding standarnya. Dijamin bisa mencukupi kebutuhan pelumasan dan pendinginan oli ke bagian atas mesin, seperti kem dan lain-lain,” beber Toga yang asik diajak diskusi di nomor hp 0812-9699-0700. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular