Yamaha NMAX Non ABS Tidak Bisa Tes Dyno

Motorplus - Jumat, 9 Oktober 2015 | 05:30 WIB

Yamaha NMAX non ABS tidak bisa tes dyno. Wah kenapa tuh? Karena ada part yang kurang. Kalau mau paksa sebenarnya bisa. Tapi resikonya bisa bikin garansi motor sampeyan ilang. Biar enggak pusing nebak-nebak kenapa Yamaha NMAX non ABS tidak bisa tes dyno, yuk ikutin penjabaran dari MOTOR Plus. Kejadian ini kami rasakan sendiri saat ingin melakukan tes.

Sebelumnya, EM-Plus membahas cara mendynotest NMAX versi ABS. Caranya  sobat bisa menjumper speed sensor yang ada di roda depan ke sensor roda belakang. Jika tidak dijumper, maka mesin akan mati ketika dikecepatan tertentu. Sebab, ECU membaca error saat roda belakang bekerja, sedangkan roda depan tidak ada pergerakan. Namanya juga speed sensor, harus berjalan selaras antara roda depan dan belakang. Makanya, jumper jadi pilihan utama.

Nah, permasalahan terjadi ketika ingin mendyno NMAX versi non ABS. Sebab, tidak ada speed sensor pada roda belakang. Otomatis tidak bisa dijumper seperti yang versi ABS. Sedangkan ECU harus tetap membaca pergerakan pada roda depan saat mesin bekerja. Berbanding terbalik dengan mesin dyno yang membaca putaran dari roda belakang yang disalurkan tenaga dari mesin. Hal ini yang membuat Yamaha NMAX non ABS tidak bisa tes dyno.

“Cara yang paling mudah memindahkan sensor speed yang ada di roda depan ke roda belakang. Jika dilihat, pada swing arm belakang sudah ada kedudukan untuk sensor dan pelek belakang juga sudah ada dudukan plat untuk membaca sensor. Sayangnya, cara ini harus menyambung kabel sensornya supaya lebih panjang lagi. Ini juga bisa bikin hangus garansi yang diberikan oleh Yamaha,” jelas Danu Andri Wibisono selakau Owner dari Duta Motor Sport di bilangan Jl. M. Hasibuan, No. 60, Bekasi, yang juga punya mesin Dynojet 250i.

Jadi terserah sobat, pilih garansi atau tes dyno? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.