Tips Dan Trik Khusus Pasang Slang Rem

Motorplus - Jumat, 20 November 2015 | 06:08 WIB

Ada tips dan trik khusus pasang slang rem variasi pada besutan andalan. Terutama bagi sobat bikers yang pengin memasang sendiri selangnya di rumah, tanpa harus repot ke bengkel. Jadi, gak asal pasang.

Muhammad Mun’ib kasih contoh tips dan trik khusus pasang slang rem di skubek Yamaha Nouvo lansiran 2004 miliknya.

Pertama tips dan trik khusus pasang slang rem copot terlebih dulu selang rem asli bawaan motor. Sebelumnya, pastikan juga kondisi tabung minyak rem dalam keadaan kosong. Baru pasang selang variasi pilihan sobat bikers, dengan model dan bentuknya yang menarik.

“Perlu hati-hati saat melepas baut di bagian kaliper  bawah yang berbentuk seperti huruf L, biar gak cepat slek. Setelah terlepas, beri selotip putih yang biasa digunakan untuk pipa ledeng air pada ulirnya. Hal itu supaya mencegah rembesan oli, sebelum di tempelkan lagi pada kalipernya, “ ujar Amun, sapaan akrab pemilik toko variasi Amun Speed Shop, di Jl. Raya Plered-Weru, Kabupaten Cirebon.

Pastikan kondisi baut sudah terikat kencang pada kaliper, dengan kunci 12 pas.

Kedua, lanjut ke bagian atas, tepatnya master rem. Sebelumnya, posisi batok lampu di copot agar lebih mudah. Lantas, pasangkan ulir baut slang rem pada sambungan master rem.

Ketiga, jika kedua dudukan slang rem sudah menempel dengan kuat, tinggal isi minyak rem. Masukkan sedikit demi sedikit, lantas liat posisi minyak di bagian bawah kaliper. Atur supaya tidak sampai terdapat angin pada kaliper. Caranya dengan membuka baut pembuangan minyak rem, lantas beri slang rem bening untuk melihat kelancaran minyak yang ada di kaliper.

“Hal itu demi menjaga kinerja rem, agar tidak terdapat angin di dalam kalipernya. Lakukan sampai aliran minyak rem terlihat penuh dan lancar. Setelah itu, baru tutup kembali baut pembuangan di kalipernya seperti semula saat membuka, “ tutur Amun. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.