Yamaha Jupiter Z Terkencang Se-Kalimantan

Motorplus - Minggu, 15 November 2015 | 06:14 WIB

Yamaha Jupiter Z Pacuan Dwi Chandra yang membela tim SND Raya Tenggarong Motorsport ini berhasil menang satu race. Kemudian duduk di posisi ketiga klasemen akhir di Grand Final Kejurnas Motorprix 2015 di Sirkuit Puncak Mario, Sidrap, Sulawesi Selatan, 17 Oktober lalu. Nah, boleh dong pacuan Dwi dibilang Yamaha Jupiter Z terkencang se-Kalimantan

Setting motor di region IV (Kalimantan), memang rata-rata untuk sirkuit berkarakter rolling speed atau panjang. Jadinya, lumayan cocok dengan karakter sirkuit Puncak Mario, Sidrap kemarin. Karena memang treknya buat rider Kalimantan banget,” terang Supriyanto, atau kerap disapa Pak Ndut sang kepala tunner.

Langsung saja kita skrut oprekan mesin Yamaha Jupiter Z terkencang se-Kalimantan

SILINDER

Piston Yamaha Jupiter Z terkencang se-Kalimantan bawaan motor standarnya digusur dengan merek FJN berdimater 52 mm. Kebetulan piston ini memiliki dome cukup tinggi, sehingga oleh Pak Ndut rasio kompresinya bisa dipatok di angka 12 : 1.

HEAD

Pintu masuk campuran gas dan pembuangan menggunakan klep berdiameter 26,5/23 mm (in/ex), yang dicomot dari Honda CBR 250R. Sementara mekanisme penggerak buka-tutupnya alias kem, diset berdurasi 275°. Baik untuk in dan ex.

Rinciannya, klep isap membuka di angka 34° sebelum TMA dan menutup 61° setelah TMB. Sementara klep buangnya membuka 61o sebelum TMB dan menutup 34o setelah TMA. Dengan lift dipatok di angka 9,8 mm.

KARBURATOR

Untuk urusan pengabutan bahan bakarnya, Pak Ndut menggunakan karburator Mikuni TM Sudco Japan atau biasa dibilang karbu kotak dengan diameter venturi 24 mm. Sementara spuyernya diset di angka 32,5 untuk pilot jet dan 210 untuk main jet.

RASIO TRANSMISI

Seting rasio transmisi jadi salah satu kunci penentu dalam melahap Sirkuit Puncak Mario, Sidrap yang karakter treknya naik-turun. Oleh Pank Ndut, Gigi I dibikin 13/36, II = 18/31, III - 18/25 dan IV = 20/23. Sedangkan final gearnya pakai kombinasi 15/38 mata. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI :

CDI  : Rextor Prodrag 2

Sok belakang  : YSS

Ban  : IRC Fasti Slick 90/80-17

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.