Perhatikan Bro Busi Motor Injeksi Ada Kode R

Motorplus - Sabtu, 14 November 2015 | 06:40 WIB

Buat pengguna motor injeksi jangan sembarangan mengganti busi. Sebab, busi motor injeksi berbeda dengan motor jenis karburator. Kalau sobat lihat dengan teliti, perhatikan bro busi motor injeksi ada kode R pada kemasan dan badan businya. Busi motor injeksi ada kode R yang artinya bukan Racing. Tapi, artinya Resistor atau Rasistance.

"Resistor berfungsi untuk mengurangi radiasi yang terjadi akibat percikan pada busi. Radiasi ini sangat mempengaruhi kinerja sistem digital elektronik pada sepeda motor. Apalagi di motor injeksi ada ECU dan perangkat elektronik lainnya. Makanya, busi di motor injeksi berbeda," beber Tomy Huang, bos BRT.

Lalu apa yang terjadi jika busi tanpa kode R atau tanpa resistor dipasang di motor injeksi? Tentunya hal ini akan menimbulkan radiasi yang besar. Kemungkinan dapat menyebabkan mesin mati karena ECU reset dan juga power drop karena radiasi menyebabkan timing pengapian bergeser dan tidak stabil.

"Radiasi pada busi memang lumayan besar. Kalau sepeda motor didekatkan ke dekat layar televisi, akan terjadi goyangan pada gambar. Itu pengaruh dari radiasi," tutup Sarwono Edi, Technical Training PT Astra Honda Motor.

Sobat yang ingin tahu lebih banyak perihal busi baik itu mitos, fungsi, busi terbaik dan lain-lain, bisa beli edisi cetak Tabloid MOTOR Plus edisi 872. (www.motorplus-online.com

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular