Dihadiri 1600 offroader bikin Sumedang Lautan Trail

Motorplus - Kamis, 26 November 2015 | 12:56 WIB

Gelaran adventure trail di Cibuluh Ujung Jaya terbilang mengejutkan! Hajatan Trail Medang Kahiang (TMK) 2015 yang berlokasi di Desa Cibuluh, Ujung Jaya, Sumedang, diserbu 1.600 adventurer. Wow, karena TMK Sumedang jadi lautan trail

Sumedang jadi lautan trail yang terjadi Minggu lalu (22/11). 1.600 biker penjelajah alam bebas berkesempatan dapat. Door prize ini  antara lain 1 unit mobil Vitara, 3 unit motor jenis matic, 3 kulkas, 3 TV, dan puluhan doorprize lain tak kalah menarik!

Intinya Sumedang jadi lautan trail mengejutkan! Abiz, ini di elat dengan penyelenggara dari kalangan masyarakat desa! “Kita ingin memberikan hal terbaik. Terlebih, hobi maen tril di wilayah ini animonya sangat besar. Lain, itu Kita pun ingin memperkenalkan desa Cibuluh dan Ujung Jaya sebagai wilayah potensial layak investasi buat para investor,” kata Agus Djafar S, Ketua Umum sekaligus penggagas dari hajatan adventure trail di desa Cibuluh Ujung Jaya lalu yang bikin Sumedang jadi lautan trail.

Nah, soal potensi wilayah bisnis Desa Cibuluh plus kecamatan Ujung Jaya emang bukan isapan jempol. Terlebih, setelah beberapa  pembangunan strategis sejumlah projek besar seperti tol Cisumdawu, Bandara Internasional Kertajati di Majelangka, Waduk Jatigede dan jalan rel kereta api jalur Bandung-Cirebon. Umumnya berada atau dekat wilayah Ujung Jaya ini.

Makanya dengan kondisi di atas. Wilayah Ujung Jaya di taksir bakalan menjadi “Kota Metropolis Khusus”. “Sebenarnya ini udah diramalkan kolot baheula (orang tua dahulu –red) sejak ratusan tahun lalu. Bahwa Ujung Jaya bakalan menjadi Nagara. Ya, pemahamanannya, Nagara di sini menjadi kota gede atau pusat bisnis di wilayah perbatasan antara Sumedang, Majalengka, dan Indramayu,” timpal Eman Suhendi dan Yudi Odoy, ketua pelaksana dan penanggungjawab dari Event TMK.

Buat para peserta pun rupanya ada sisi lain yang tak kalah mengejutkan. Soalnya, diam-diam jalur sepanjang 50 km melalui Cisaat, Buyut, Jakim, Cipeteuy, Batu Nunggal, Rangkong dan Kondang merupakan lintasan penuh historis. Terutama, historis sejarah peninggalan Kerajaan Medang Kahiyangan (252-290 M) dan Kerajaan Gunung Karang Padjajaran yang dipimpin seorang wanita bernama Ratu Dewi Imbang Rasa.

Pokoknya asyik banget deh. Dan, banyak keuntungan lainnya. Ya, bisa wisata ziarah, wisata sejarah, dan puas melibas jalur super penuh tantangan. “Itulah keuntungan jika hobi tril. Dari hal yang tidak tau jadi ngerti. Dan, itu nilainya mahal,”tutup offroader sepuh H.Aa Masduki dan H. Aan Sopyan dari klub Maung Garut. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.