Yamaha YZF-R15 Juara Umum R15 Di Sunday Race

Motorplus - Selasa, 1 Desember 2015 | 09:56 WIB

Hadir di ajang balap satu merek pabrikan berlambang garputala, Yamaha YZF-R15 yang dipacu Febrianus Balank sukses curi perhatian. Hadir pada dua seri terakhir Sunday Race, Balank bikin Yamaha YZF-R15 Juara Umum R15 di Sunday Race kelas Profesional.

Untuk bikin Yamaha YZF-R15 Juara Umum R15 di Sunday Race, Balank menggandeng mekanik kawakan yang sudah tidak diragukan lagi di ajang balap tanah air, yaitu Hawadis. Dengan kolaborasi tersebut, mengantarkan tunggangan dari tim HDS AHRS FB128 Racing Team menjadi yang tercepat di Sunday Race seri ke-4, dengan best time di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, tembus 1 menit 50 detik.

SILINDER

Untuk dapat power gede Yamaha YZF-R15 yang Juara Umum R15 di Sunday Race, volume silinder digedein pakai blok set UMA berisi piston 62 mm berkontur flat. Piston UMA tersebut dipasang mendem 0,8 mm dari bibir liner saat di TMA. Dengan stroke standar, kapasitas mesin terukur jadi 177 cc, sesuai dengan regulasi pada kelas R15 profesional. Rasio kompresi dibikin 13,1 : 1 untuk menenggak Pertamax Plus.

HEAD SILINDER

Di bagian ini, Hawadis mengaplikasikan Super Head dari UMA dengan diameter klep in 25 mm dan klep ex 22 mm. Sedangkan untuk part pengatur buka-tutup klep, Hawadis mengandalkan kem berdurasi in 267° dan ex 264°. “In-nya membuka di 25° BTDC (sebelum TMA) dan menutup di 62° ABDC (setelah TMB). Sementara kem ex membuka di 62° BBDC (sebelum TMB) dan menutup di 22° ATDC (setelah TMA). LSA-nya 105°,” jelas Hawadis yang bermarkas di Jl. Swatirta/Bakti, No. 28, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

THROTTLE BODY DAN ECU

Otak dari sistem pengkabut injeksi Yamaha YZF-R15 yang Juara Umum R15 di Sunday Race, mengandalkan ECU dari API Tech. “Sedangkan untuk throttle body (TB), pakai keluaran UMA yang punya diameter venturi 32 mm. Trus, dikombinasi velocity stack berbahan aluminium. Injektornya punya flow rate 140 cc/menit,” beber Balank yang punya workshop di Jl. Proklamasi No. 20, Depok, Jawa Barat.

FOTO : TEGUH

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : FDR 90/80-17

Ban belakang  : FDR 110/70-17

Pelek depan   : Racing Boy 1,60 X 17

Pelek belakang : Racing Boy 1,85 X 17

Knalpot       : SND

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.