Anti-Lock Braking System Teknologi Kurangi Kecelakaan

Motorplus - Jumat, 18 Desember 2015 | 05:02 WIB

Kehadiran teknologi sistem pengereman ABS (Anti-Lock Braking System) jawaban atas berbagai kasus kecelakaan yang justru di akibatkan sistem pengereman. Dengan teknologi ini, Anti-Lock Braking System teknologi kurangi kecelakaan.

Mengacu kepada fungsi ABS ini, makanya sekarang para ATPM banyak mengaplikasikan teknologi tersebut pada produk sepeda motor terbarunya. Anti-Lock Braking System teknologi kurangi kecelakaan dipakai Honda CBR 250 ABS, Kawasaki Ninja 250R ABS, Yamaha YZF-R25 ABS, dan terakhir Yamaha NMAX ABS.

Teknologi ini, bekerja berdasarkan data sensor ABS yang letaknya berada di dekat bidang pengereman. Ketika sensor ABS tersebut mendeteksi ada roda yang mengunci, secara otomatis sensor tersebut akan mengirimkan sinyal ke modulator. Modulator itu kemudian memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan fluida atau minyak rem dari kaliper dalam kondisi tertentu. Sebaliknya, tekanan akan kembali naik dan normal ketika penguncian berkurang.

Proses pengurangan, penahanan, dan peningkatan tekanan fluida ini, berlangsung sangat cepat, yaitu sekitar 15-50 kali per detik. Sehingga roda tidak akan terkunci saat terjadi pengereman mendadak. Makanya, Anti-Lock Braking System teknologi kurangi kecelakaan dan berguna banget pengendara yang suka mengalami pengereman mendadak atau panic brake. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular