KTM Contek Honda di MotoGP

Motorplus - Rabu, 2 Desember 2015 | 06:00 WIB

Kedua motor punya bodi yang identik

Ada yang menarik melihat KTM RC16 yang akan digunakan KTM saat comeback ke MotoGP di tahun 2017 mendatang. Sekilas memandang, KTM seperti contek Honda di MotoGP. Yup, keliatan kalau desain KTM RC16 sedikit mirip dengan Honda RC213V andalan Honda. Padahal, kalau dilihat hampir setiap pabrikan di MotoGP punya desain motor yang jauh berbeda. Entah mengapa KTM seperti contek Honda di MotoGP.

Enggak percaya? Coba dilihat langsung pada gambar. Keliatan kalau dimensi KTM RC16 sangat mirip dengan Honda RC213V. Bahkan, desain fairing yang digunakan juga identik. Keduanya pakai airscoop yang berbentuk seperti mulut di bagian depan. Namun kalau dilihat dari fairing samping kelihatan perbedaannya. RC213V pakai dua lubang besar yang diletakan di atas dan bawah. Sedangkan di RC16 bentuknya seperti insang ikan hiu.

Nah, kalau menengok ke bagian belakangnya lagi, konvigurasi knalpot yang digunakan juga sama. Keluar dua pipa knalpot dengan satu knalpot di bagian buritan dan satu knalpot di sisi kanan bawah. Tapi, perbedaan besar ada di bagian rangka. RC213V pakai rangka tipe deltabox sedangkan RC16 pakai tubular.

Sayangnya hingga sekarang belum ada pernyataan resmi dari kedua belah pihak mengenai kemiripan ini. Kita tunggu saja penampilan KTM di MotoGP nanti. Apakah bisa secepat dan selincah motor Honda? Lalu, apakah benar KTM contek Honda di MotoGP? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.