Porting Model Baru Di Blok Silinder Honda CB150R Untuk Balap

Motorplus - Senin, 14 Desember 2015 | 06:22 WIB

Saat berkunjung ke markas Kawahara Racing, MOTOR Plus intip ada yang unik di lubang porting Honda CB150R balapnya. Lubang porting tidak dibuat halus seperti biasa. Tapi, dibuatkan alur mirip sisik di sepanjang lubang porting. Katanya, porting model baru di blok silinder honda CB150R untuk balap ini bisa bikin power mesin bertambah.

“Sisik ini dibuat supaya aliran gas bakar tidak mengembun. Sekaligus menimbulkan efek turbulen agar campuran bahan bakar dan udara lebih homogen. Dengan begitu, campuran bahan bakar dan udara semakin mudah dibakar. Efeknya, tenaga mesin bisa meningkat,” kata Jessy ‘Coq’ Siswanto, bos Kawahara Racing yang jadi otak porting model baru di blok silinder honda CB150R untuk balap.

Sebenarnya porting model baru di blok silinder honda CB150R untuk balap ini sudah banyak yang terapkan. Tapi, lebih beken diadopsi mekanik luar negeri. Kalau sobat ketik di ‘mbah’ Google dengan kata kunci ‘cnc porting’, keluar tuh banyak tulisan mengenai metode ini. Bentuknya juga bukan cuma beralur melingkar seperti yang MOTOR Plus lihat di markas Kawahara Racing. Ada juga yang seperti sisik ular. Tujuannya sama, membuat turbulensi agar campuran bahan bakar dan udara lebih homogen.

“Saat diuji di mesin flowbench, adanya alur di lubang porting tidak memberikan halangan. Angka gas speed dan cfm malah bertambah sekitar 2-4 cfm dengan alur ini. Yang pasti, dengan campuran udara dan bahan bakar yang lebih homogen, tenaga yang dihasilkan mesin bisa lebih bagus,” tambah Coq.

Jangan bingung memikirkan bagaimana cara membuat alur di lubang porting ini. Tentu tidak dibuat secara manual menggunakan tangan. Dibuat menggunakan mesin cnc. Makanya, hasil porting bisa lebih presisi dan bisa ditentukan seperti apa desain alurnya.

Kabarnya, teknik porting ini akan digunakan pada head silinder yang dijual oleh Kawahara Racing. “Sekarang kita masih tunggu mesin cnc sampai. Kemungkinan awal tahun depan head silindernya sudah bisa dijual ke pasar,” tutup Sony, Manager Kawahara Racing. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.