Yamaha Jupiter MP3 Andalan Bos Pam Pam 217 NHK FDR Creampie Zyrof 47

Motorplus - Selasa, 2 Februari 2016 | 11:29 WIB

Yamaha Jupiter yang bermain di kelas MP3 (bebek 4-tak tune up 125 cc pemula) ini, cukup beringas saat bermain di event road race Jepara beberapa waktu lalu. Motor yang dipacu M. Erfin Firmansyah dari tim Bos Pam Pam 217 NHK FDR Creampie Zyrof 47 tersebut, sukses sikat podium kedua.

“Karakter performa motor ini joss dari putaran bawah sampai atas. Sehingga tenaga terasa mengalir mulai dari start sampai finish,” aku M. Erfin yang tahun depan sudah pindah dari tim yang bermarkas di Kudus ini. Peramunya Hari, mekanik tim yang ada di Srengat, Blitar, Jawa Timur. Langsung scrut yuk!

SILINDER & HEAD. Sesuai regulasi teknik MP 3, kapasitas mesin didongkrak mendekati 130 cc. “Silinder dibore up pakai piston berdiameter 55,25 mm. Volume silindernya jadi 129,4 cc,” jelas mekanik akrab disapa Sayur ini.

Sementara rasio kompresi oleh Sayur diset di angka 12,4 : 1. “Itu didapat dari pemapasan kepala silinder kurang dari 1 mm,” sambungnya.

NOKEN AS. Untuk memperlancar aliran bahan bakar plus udara ke ruang bakar serta gas buang, inlet dan exhaust port dikorek. Lalu kedua katup direvisi pakai yang lebih gede sampai batas yang dianjurkan, yakni 26/23 mm (in/ex).

Profil noken as juga ditata ulang. “Klep in dirancang membuka 39° sebelum TMA dan menutup 59° setelah TMB. Kalau dihitung, durasinya jadi 278°. Sedangkan ex-nya membuka 59° derajat sebelum TMB dan menutup 40° setelah TMA (durasi 279°),” jelasnya.

KARBURATOR. Sebagai penyuplai bahan bakar, ditugaskan karburator Mikuni TM 24. “Kelebihan dari karburator ini banyaknya kombinasi spuyer yang tersedia. Sehingga mekanik punya banyak pilihan untuk melakukan rejetting menyesuiakan kondisi sirkuit,” cuap Sayur.

PENGAPIAN. Untuk membakar campuran gas secara optimal, CDI dipercayakan pada Rextor Pro Drag. “Sementara koilnya pakai punya YZ125. Sistem pengapian dibikin total loss dengan masih menggunakan magnet standar yang kita bubut. Sehingga bobotnya jadi tinggal 600 gram, dari standarnya yang 1.100 gram,” tutup Sayur kalem. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Sok belakang    : YSS

Cakram depan    : TDR

Stabilizer      : KTC

Knalpot       : Creampie

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.