Penggagas Clasicc Bike Race Dan Vespa Balap Indonesia

Motorplus - Sabtu, 23 Januari 2016 | 10:33 WIB

Halo Kang Duddy Djajadisastra (DJ)! Doi teman lama kami, rekan berbagi aspal kelahiran 9 Mei 1972 di Paris Van Java, Bandung, Jawa Barat. Dulu Kang Duddy mainan motor klasik choppers. Ini lebih konsen di dunia balap hobi di Indonesia. Ia malah nyebur total dan punya jasa di event balap bergengsi. Jadilah penggagas clasicc bike race dan Vespa balap Indonesia

Berkatnya tiga event tahunan hingga kini bisa dinikmati. “Sebelum Classic Bike Race diselenggarakan, saya juga bikin Dirt Track motor tua di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali tahun 2001,” kisah pria life member Bikers Brotherhood MC (BBMC) ini.

Di tahun 2011, Duddy dan BBMC menggagas Classic Bike Race yang pertama kali diselenggarakan di Sirkuit Karting, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Masuk tahun 2012, Classic Bike Race diselenggarakan di Gerry Mang, Subang, Jawa Barat. Di tahun 2013 dan 2014 Classic Bike Race kembali digelar di sirkuit Brigif, Cimahi, Jawa Barat. Masuk di tahun 2015 dialihkan ke dirt track yang jadi one make race Royal Enfield di Tanah Lot, Bali sekaligus peringatan ulang tahun BBMC Chapter Bali.

“Di tahun 2011, balapan Vespa hanya jadi kelas supporting race di beberapa event balapan motor Jepang dan merasa jadi warga nomer dua di event itu. Nah.. dari situ terbesit pingin bikin balapan Vespa di Indonesia,” bilang Duddy yang juga joki Vespa LX 160 Matic, PX 200 FFA dan Vespa Small frame.

Lanjut di November 2011, penyuka Vespa kecepatan dari Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat berkumpul di Cisarua, Bogor, Jawa Barat dan terbentuklah draft regulasi untuk Vespa Balap Indonesia. “Di bulan Desember 2011, digelarlah Arisan Suka-Suka untuk simulasi Vespa Balap Indonesia (VBI). Antusiasme nya lumayan bagus, ada sekitar 150an starter,” bilang duddy.

Nah.. barulah di 2012 VBI Cup berjalan full seri, jumlahnya 5 putaran pertahun. Hingga kini, VBI cup rutin diselenggarakan di Sirkuit Karting, Sentul, Jawa Barat. “Setiap serinya, enggak surut dengan peserta. 1 seri bisa 18 kelas, pernah peserta membeludak hingga 350 starter,” kenang Duddy, yang juga buka workshop khusus Vespa yaitu Arayata Garage di Jl. Adiyaksa Raya No. T1, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.