Mau Tahu Cara Bikin Yamaha NMAX Jadi Trike?

Motorplus - Selasa, 23 Februari 2016 | 06:13 WIB

Trike berbasis Yamaha NMAX lansiran 2015 ini, hasil olahan Rubiyanto, owner R Win Development (RWD) yang bermarkas di Jl. Jambu Raya 7 Jajar, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Pria yang sudah bikin trike sejak 2005 ini kasih info cara bikin Yamaha NMAX jadi trike.

Sebagai awalan pria jebolan Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) tersebut sodorin Yamaha NMAX jadi trike milik Echi Pramita, mahasiswi universitas Mercubuana, Jakarta. Nah, olahan Rubiyanto kali ini yang pertama menggunakan diferensial gardan belakang copotan mobil.

Silakan lanjut baca cara  bikin Yamaha NMAX jadi trike!

KONSTRUKSI RODA BELAKANG. Menurut Rubiyanto, pada Yamaha NMAX jadi trike milik Echi ini, sistem penggerak belakangnya dimodif menggunakan diferensialnya Daihatsu Hijet 55 wide yang dipotong pendek. “Jadi, tenaga dari mesin yang keluar di as roda belakang, dipindahkan dulu ke diferensial itu pakai sebuah rantai ukuran 428 yang dipotong secukupnya. Barulah kemudian diferensialnya menggerakkan 2 roda belakang,” paparnya sembari bilang di as roda belakang ditanam gir bermata 28, sedang di gardannya pakai 29 mata.

Langkah ini menurut ayah 3 anak ini membuat traksi Yamaha NMAX jadi trike ke roda belakang jadi lebih mantap, nyaman dan aman buat dikendarai. Handlingnya juga sip buat belok. Asyiknya, gardan Daihatsu 55 Wide tersebut dirancang bersistem bolt on. Jadi, sewaktu-waktu ingin kembalikan ke kondisi standar, mudah saja tanpa mengorbankan konstruksi kaki-kaki bawan pabrik.

ARM TUBULAR. Aplikasi 2 roda belakang, ditopang oleh semacam arm tambah model tubular hasil custom. Bila diamati, arm tersebut terkoneksi dengan dudukan standar tengah yang telah dilepas, satunya lagi ke dudukan mesin. Bahannya dari chromolydenum setebal 2,8 mm. Dimensinya disesuaikan dengan beban yang dipikul. Misalnya pipa U pemegang roda bagian atas, diameternya lebih besar karena sebagai lokasi bergantung dua roda.

Nah, untuk meredam kejut kaki belakang, tetap ditopang 2 sokbreker variasi. Oh ya, breaking systemnya masih berfungsi seperti aslinya loh yang bersistem ABS.

KELENGKAPAN TAMBAHAN. Ketika EM-Plus motret trike ini, ada beberapa komponen yang digunakan untuk memberikan kemudahan buat Echi, tapi belum terpasang. Diantaranya sandaran belakang, sabuk pengaman dan sabuk kaki. “Sabuk pengaman dibutuhkan supaya Echi enggak melorot ketika riding. Pun begitu dengan sabuk kakinya. Sedang sandaran punggung, untuk menambah kenyamanannya. Semua Itu saya lengkapi ketika motor akan saya kirim ke Jakarta,” tutup Rubiyanto yang mukim di Klodran Colomadu Fajar Indah, Solo ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Gardan : Hijet 55 Wide

Ban    : IRC

Pelek belakang  : Variasi 1.60x17”

Sokbreker       : Variasi

R Win Development : 0857-4009-9945

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.