Perbedaan Kampas Ganda Yamaha Mio Soul GT Kode 1KP VS 54P

Motorplus - Senin, 28 Maret 2016 | 06:30 WIB

Bagi penunggang Yamaha Mio Soul GT 110, wajib tahu nih. Ternyata ada perbedaan kode part di kampas ganda Yamaha Mio Soul GT, 1 KP dan ada juga yang 54P. Nah, konon kampas Yamaha Mio Soul GT dengan ganda kode 1KP punya tiga keunggulan bila dibandingkan yang berkode 54P.

Hal ini diketahui dari sobat EM-Plus yang bernama Cecep Mochamad Ferly, pemuda yang hobi ngoprek motor Mio Soul GT 110-nya. “Secara umum lebih unggul yang pakai kode 1KP,” tambah pria yang juga buka bengkel rumahan ini. Apa saja sih kelebihan kampas ganda berkode 1KP ini? Yuk, kita lihat.

Pertama, secara ukuran, kampas ganda Yamaha Mio Soul GT kode 1KP memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil bila dibandingkan dengan 54P. “Begitu pula mangkuk gandanya, mengikuti ukuran 1KP. Per kampas gandanya juga lebih kecil, meski sama-sama 6 ulir,” terang Cecep, sapaan akrabnya.

Yang kedua, kampas ganda 1KP bahannya berwarna hitam dan lebih keras dibanding 54P yang berwarna terang dan lebih tebal. “Namun jangan salah, meski sepatu kampas ganda 1KP terlihat lebih tipis. Namun soal daya tahan lebih oke yang 1KP,” yakin Cecep. Soal daya tahan 1KP sudah dibuktikan sendiri oleh Cecep yang emang hobi kohar (korek harian red) motor ini.  

Terakhir, bila dipegang dengan tangan. Bobot dari kampas ganda 1KP, sedikit lebih berat dari 54P. “Konon kampas ganda 1KP itu buatan Exeedy meski enggak terembos tulisannya. Sedangkan yang 54P itu buatan F.C.C,” jelas Cecep yang kini berusia 25 tahun ini.

Uniknya, meski mesin Mio Soul GT 110 merupakan common engine dari Yamaha Mio J series hingga X-Ride, tapi hanya Soul GT 110 saja yang punya part dengan 2 kode berbeda di satu item. “Kalau sobat jeli, di website parts catalogue Yamaha, juga hanya tersedia yang versi 54P saja,” tambah punggawa Ferly House Speed yang bermarkas di Jl. Tipar Cakung Sukapura Gang Hj. Pitang No. 24B, Jakarta Timur ini.

Lalu bagaimana jika sobat ingin mengaplikasi kampas ganda yang punya kode part 1KP ke skubek Yamaha sobat? “Kudu hunting ke penjual spare part khusus Yamaha. Barangnya memang udah agak jarang, tetapi ada. Jangan lupa harus beli sama mangkuknya ya, karena beda dimensi juga,” tutup pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.