Surabaya Menjadi Tuan Rumah Pertemuan AISI

Motorplus - Jumat, 4 Maret 2016 | 10:04 WIB

Surabaya, Jawa Timur menjadi tuan rumah diadakannya agenda AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor) yang berlokasi di Ciputra World Surabaya Rabu lalu (2/3). AISI sendiri agenda rutin yang diadakan 2 kali dalam setahun setiap negara secara bergilir.

Data AISI sendiri mencatat jumlah ekspor sepeda motor tahun 2015 mengalami kenaikan sekitar 500 persen dibandingkan tahun lalu dengan total ekspor 203 ribu unit. “Tahun 2019 nanti pemerintah bakal menargetkan kenaikan sebesar 300 persen, faktanya di 2015 justru naik sebesar 500 persen,” jelas Gunadi Sindhuwinata, Presiden AISI.

Ada 6 negara di Asia yang ikut dalam FAMI kemarin di antaranya Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand. 6 negara tersebut bakal merumuskan Harmonisasi Technical Standart Specifications bagi masyarakat Asia Tenggara.

“Ada lima harmonisasi diperlukan untuk bisa saling ekspor yang meliputi: klakson, speedometer, ban, emisi standar Euro3, dan suara kebisingan,” tambahnya.

Acara kemarin juga dihadiri beberapa perewakilan dari masing-masing pemegang merk sepeda motor seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS. “Hal ini memang sangat perlu, mengingat produsen sepeda motor dapat langsung melakukan ekspor-impor karena sudah ada standarisasi di tiap negara," bilang Suwito, Presiden Direktur PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Main Dealer Honda Jatim dan NTT. 

Selain itu juga dibicarakan tentang penegakan hukum bagi spart part palsu, mengingat makin banyaknya spare part palsu yang beredar. "Dengan adanya FAMI ini terus terang sangat membantu, buktinya di 2015 pemalsuan spare part sudah banyak berkurang," lega Suwito lagi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.