Upgrade Performa Yamaha Mio Soul GT Dengan 5 Komponen Naik 12,72 dk

Motorplus - Selasa, 15 Maret 2016 | 05:51 WIB

Cecep Mochamad Ferly atau yang lebih akrab disapa Cecep, doyan banget kohar mesin skubek. Sebagai bahannya Cecep upgrade performa Yamaha Mio Soul GT dengan 5 komponen yang hasilnya power jadi naik 12,72 dk. Lima komponen itu komponen bore up, magnet custom, CVT custom, noken as custom dan ECU BRT.

“Apalagi mesin motor sekarang udah pada pakai injeksi, makin tertantang bikin motor kencang. Tapi, tidak usah terlalu banyak ubahan,” buka Cecep. Pria kelahiran 1990 ini hanya mengandalkan 5 part untuk mengail tenaga lumayan gede.

Upgrade performa Yamaha Mio Soul GT dengan 5 komponen tercatat di mesin Dynojet 250i milik Duta Motor Sport di Jl. M. Hasibuan No. 60, Bekasi Barat. Sayang sewaktu EM-Plus melakukan uji dyno, lompatan api liar dari pengapian bikin error pembacaan rpm motor. Jadi, EM-Plus mengambil parameter speed untuk menyanding hasil dyno.Yuk korek komponen yang berpengaruh bikin upgrade performa Yamaha Mio Soul GT bikin powernya naik jadi 12,72 dk. 

1. PISTON HONDA CS-1 OVERSIZE 50

Agar kenaikan tenaga signifikan, dilakukan langkah bore up pakai piston Honda CS-1 oversize 50 (58,5 mm). Kalau dihitung pakai rumus volume silinder, kapasitasnya jadi 156 cc.

2. HEAD DAN NOKEN AS

Noken as dicustom ulang dan saluran masuk buang diporting polish. Tujuannya agar flow mesin makin baik. Cecep menyerahkan porting polish ke rekannya, Toga Fantiarso dari Gas Motor. Hanya saja saat EM-Plus coba klarifikasi spek ubahan noken as maupun portingnya, Cecep geleng-geleng kepala gak tau ukurannya.

3. MAGNET CUSTOM

Magnet standar bawaan motor dicustom dengan cara dilubangi magnetnya. Sayang, MPLus enggak dapat info berat magnet setelah dicustom.

4. CVT KHAS KLATEN

Biar makin yahud upgrade performa Yamaha Mio Soul GT, CVT dipasang sliding shave custom buatan Walang Abiaksa, yang jalur pasaknya lurus dan pin guide-nya pakai roller. Selain itu, puli depan juga dikerok pada jalur rollernya. Sedangkan mangkuk kopling dilubangi agar makin ringan dan cepat membuang panas.

4. ECU BRT JUKEN 3 NVL

ECU pakai ECU BRT Juken 3 buat Yamaha New V-ixion Lightning (NVL). “Susunan soketnya diubah sedikit, agar akur dengan kepunyaan Soul GT,” tutup Cecep yang mengaku puas dengan performa motornya ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.