Bandung Rawan Banjir, Biker Bandung Raya Trail Adventure Tanam Jambu Air di Manglayang

Motorplus - Kamis, 24 Maret 2016 | 06:10 WIB

Para offroader motor kembali gencarkan aksi peduli lingkungan. Terutama, aksi penanaman pohon di sekitaran wilayah yang rawan longsor plus daerah resapan air.Mau bukti? Tuh tengok aja event  Sabtu (19/3) bertajuk Bandung Raya Trail Adventure I (BRTA), star-finish Sumber Motor WRS di Komplek Pertamina Jl. Soekarno-Hatta, Cibiru Bandung.

Menariknya, penanaman pohon yang dilakukan bikers adventyre Bandung Raya Trail Adventure dapat dimanfaatkan dan berdaya guna buat masyarakat sekitar. Pihak penyelenggara sengaja memilih  tanaman jambu air. ”Kita siapkan sekitar 2000 pohon.Dan, kedepan aksi sejenis bakalan intens terus dilanjutkan. Sebab, ini sangat penting. Menimbang, wilayah utara Bandung Timur pun mulai terlihat rawan tak mampu membendung aliran air ke wilayah di bawahnya,” tandas Nugraha ‘West’ Irawan dan Joko Pamungkas. Kebetulan keduanya menduduki posisi sebagai Ketua dan Wakil Ketua penyelenggara dari BFTA I.

Jelasnya, gawean penggemar jelajah alam dengan motor di Bandung Raya Trail Adventure itu bukan isapan jempol kok. Imbas gede paling di rasa wilayah Gede Bage, Cibiru Hilir, plus merembet ke sekitaran wilayah Cijagra Bojong Soang tiap tahun jadi langganan banjir. “Selain sepanjang wilayah atas udah mulai padat perumahan. Semakin parah, sistem sanitasi belum digarap dengan baik di wilayah bagian bawah kota. Alhasil, anak-anak sungai citarum tak mampu menampung debit kelebihan dari air hujan dari wilayah utara,” bilang Wan Vanhauw, Mc ini kebetulan sempat juga berkiprah jadi kontraktor sekaligus penggiat lingkungan.

Senada begitu juga diungkapan komunitas pecinta motor tril Ujung Berung (UBER). “Intinya ini harus jadi perhatian penting. Terlebih, arah perkembangan pembangunan wilayah Bandung menyeret ke wilayah Bandung Timur. Praktis, kondisinya ke depan tak bakalan jauh dengan wilayah Dago, punclut, atau Lembang. Daerah gunung sekitaran Manglayang diprediksi bakalan dilirik buat area perumahan. Artinya, itu akan mengganggu daerah resapan air,” kompak Abang Deny dan Oboy dedengkot dari komunitas tril UBER.

Ketakutan para offroader terbilang wajar kok.  Mengingat, wilayah Bandung Timur emang dicetak sebagai wilayah primadona  buat bisnis, industri dan administrative pemerintahan. Tengok aja misalnya rencana pembangunan stasiun kereta api tercepat ada di Gede Bage. Pusat perkantoran terbesar di Bandung rencananya berlokasi di Cipadung. Belum lagi, terminal antar kota antar provinsi bakalan berada di dekat Polda Jabar Jl. Soekarno-Hatta Bandung.Wah, pasti bakalan rame kan? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular