Suzuki Satria F 150 Hanya Kalah Sekali Di Kelas Selembaran

Motorplus - Selasa, 5 April 2016 | 05:00 WIB

Mendengar dari nama julukannya Suzuki Satria F 150 garapan tuner senior 4-tak, Herman Lo alias Ahon, yakni Merah Delima, imut juga ya. Tapi sebenarnya sadis bro karena nih Suzuki Satria F 150 hanya kalah sekali di kelas selembaran.

“Terhitung dari delapan kali Suzuki Satria F 150 ini di kelas selembaran bebas, motor ini cuma kalah sekali. Itu pun sempat kecot, karena motor rapat banget waktu finish. Dari pada terjadi yang enggak-enggak, mending ngalah aja,” beber Kamardy Arif yang akrab disapa Frans, si pemilik motor.

Yuk contek Suzuki Satria F 150 yang hanya kalah sekali di kelas selembaran!

 

NOKEN AS. Sang maestro yang berasal dari bengkel Surya Motor Sport (SMS) ini, gak bisa dianggap remeh dalam perhitungan noken as. Untuk si Merah Delima ini, Durasi kem dibikin kembar 257, in dan ex. Kem ex membuka 52 sebelum TMB dan menutup 25 setelah TMA. Sedangkan kem in membuka 25 sebelum TMA dan menutup 52 setelah TMB. Lift klep juga sama 6 mm untuk klep in dan ex.

Selain itu, noken as juga dicustom dengan memasangkan bearing pada dudukan dibagian head. Pengaruhnya cukup banyak lho. Pastinya, putaran kem bisa lebih lancar dibandingkan dengan standarnya. Sangat cocok untuk mendapatkan putaran mesin yang tinggi.

BLOK SILINDER. Kapasitas mesin didongkrak abis-abisan nih. Dengan memasangkan penggebuk kompresi berdiameter 77 mm. Weleh...!! Selain itu, panjang stroke yang standarnya 48,8 mm, dibikin menjadi 61 mm. Kalau dihitung, kapasitas mesinnya kini mencapai 284 cc. Keras!

“Piston yang dipakai juga hanya memakai 2 ring saja. Biasanya piston kan pakai 3 ring tuh. Kelebihannya, bisa stroke tinggi, tetapi masih pakai paking standar atau selembaran,” jelas Koh Ahon yang bermarkas di Jl. Raya Citayam, Depok, Jawa Barat.

RANGKA. Ubahan rangka si Merah Delima terbilang ekstrem. Maklum, dalam permainan adu balap trek lurus memang sudah biasa memainkan weight reduction. Jadi, mau gak mau rangka yang jadi sasaran utama. Mulai dari bagian rangka tengah ke belakangnya, dibikin ulang menggunakan bahan aluminium. Menariknya juga, ini hasil kerajinan tangan Frans beserta kawan-kawannya. “Gak ada yang nyamain deh,” tutupnya. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Karburator    : Keihin PJ 34

CDI  : REXTOR Prodrag

Koil : Yamaha YZ125

Knalpot   : CMS

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.