Enggak Bisa Beli Mobil Mahal, Coba Beralih ke Mobil Tua!

Motorplus - Jumat, 1 April 2016 | 18:59 WIB

Mobil klasik biasanya akan semakin mahal harganya. Tak heran jika daftar mobil mewah termahal di dunia juga diisi mobil-mobil tua nan klasik yang antik. Sesuai judul artikel ini bro, jika ingin memiliki mobil yang cukup anti-mainstream, brother bisa coba beli mobil tua. Tapi, sebelumnya, mari lihat beberapa mobil klasik dengan harga paling mahal berikut ini:

Mobil Klasik Termahal di Dunia

          1. Duesenberg Model J LWB "Whittell" Coupe

Duesenberg Model J LWB "Whittell" Coupe bisa disebut sebagai mobil paling tua yang masuk dalam daftar termahal di dunia. Mobil buatan tahun 1931 ini awalnya dimiliki seorang miliarder bernama George Whittell Jr. Kemudian mobil ini terjual dengan harga US$ 10,34 juta tahun 2011 lalu.

          2. Mercedes-Benz 540K Special Roadster

Kamu pasti sudah tak asing dengan merek Mercedes-Benz, bukan? Nah, merek terkenal ini pun ternyata sudah memproduksi mobil sejak lama dan banyak pula penggemarnya. Terbukti, salah satunya adalah Mercedes-Benz 540K Special Roadster yang diproduksi hanya 30 unit tahun 1936. Tahun 2012 lalu, mobil ini terjual dengan harga US$ 11,77 juta! Baca juga Mobil Murah 2016

          3. Ferrari 340/375 MM Competizione Coupe

Diproduksi pada tahun 1953, produksen roda empat yang dikenal dengan mobil-mobilnya cepat ini juga berhasil ‘melahirkan’ mobil termahal di dunia. Mobil tua Ferrari dengan tipe Ferrari 340/375 MM Competizione Coupe. Harga nih mobil US$ 12,81 juta tahun 2013 lalu.

          4. Ferrari 250 Testa Rossa

Masih dari produsen Ferrari, tahun 2009 lalu Ferrari 250 Testa Rossa dilelang seharga US$ 12,4 juta di Italia. Mobil ini diproduksi dalam jumlah 22 unit saja.

          5. Ford GT40 Gulf/Mirage Lightweight Racer

Ford GT40 Gulf/Mirage Lightweight Racer mobil tua produksi Amerika yang terjual US$ 11 juta pada tahun 2012 lalu. Sebelumnya, mobil ini sempat tampil film “Le Mans” di tahun 1971. Jacky Ickx pada tahun 1968 juga telah mengendarai Gulf/Mirage pada uji cobanya.

Wah, harga tuh mobil-mobil klasik benar-benar mencengangkan! Tenang!  Meski kamu tak bisa membeli mobi termahal tersebut, kamu bisa memiliki satu yang menyerupai mobil-mobil klasik tersebut!

Tentu saja, carilah mobil-mobil tua yang berdesain menarik. Sekarang pembelian mobil juga cukup mudah, apalagi dengan adanya fasilitas kredit mobil bekas. Mobil klasik impian kamu pun akan terwujud!

Tips Beli Mobil Tua Agar Tak Kecewa

Simak tips kalau sobat berencana beli mobil tua. Beberapa masalah umum yang terjadi pada mobil tua menjadi momok tersendiri, bukan? Jadi, jangan sampai menyesal juga membeli mobil tua tersebut.

1. Bodi bagus

Yap! Bodi bagus menjadi salah satu persyaratan khusus bagi kamu yang ingin mengoleksi mobil tua. Ini karena nilainya jauh lebih mahal ketimbang hanya mengandalkan mesin saja. Plus, kamu pun akan keluar uang lebih sedikit untuk memperbaiki mesin ketimbang melengkapi aksesoris serta tampilan mobil tersebut.

2. Dokumen lengkap

Khususnya mobil-mobil klasik yang diproduksi sebelum tahun 1970, dokumen selain STNK dan BPKP seperti boekpass wajib dimiliki. Ini adalah semacam surat resmi / sertifikat sebelum adanya aturan BPKP. Boekpass tersebut menjamin mobil yang kamu beli orisinil. Kelak kamu pun akan lebih mudah menjual kembali jika ingin. Artikel lainnya tentang mobil bekas.

3. Cat mobil

Masih soal tampilan tetapi sangat menentukan. Sebagai informasi saja, umumnya mobil lama dicat menggunakan warna solid bawaan dari pabrik. Nah, cat solid ini kebalikan dari cat metalik. Cat solid tersebut makin jarang dipoles akan makin mengkilap, berbeda dengan cat metalik. Oleh karena itu, perhatikan cat mobil lawas yang hendak kamu beli agar semakin menambah nilai mobil tersebut.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa mobil tua yang memiliki daya jual cukup tinggi. Contohnya saja Mercedez Benz 300E dengan kode mesin W124 yang diproduksi medio 1988 hingga 1991. Harganya juga hampir menyamai mobil baru karena mobil ini benar-benar unik, yakni di kisaran Rp 65 juta sampai Rp 95 juta. Ada pula Volvo, Audi dan mobil-mobil produksi Eropa lainnya. Ya, mobil-mobil Eropa pada umumnya memang menghadirkan desain-desain menarik apalagi untuk mobil-mobil klasiknya.

Kalau ingin tampil berbeda, mobil tua nan klasik ini dapat jadi pilihan kamu! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.