Teknologi DCT Honda, Transmisi Manual Tapi Otomatis

Motorplus - Rabu, 6 April 2016 | 12:39 WIB

Nah teknologi terbaru Honda ini, mampu membuat motor senyaman pakai CVT namun dengan respon sigap ala transmisi manual. Jadi singkatnya transmisi bernama DCT yang merupakan kepanjangan dari Dual Clutch Transmission ini adalah teknologi Honda dengan transmisi manual tapi otomatis. Lha maksute piye cak?

 

Jadi begini, transmisi DCT di Honda itu merupakan transmisi manual tapi otomatis, kopling dikontrol secara otomatis dengan bantuan komputer. Sebenarnya teknologi transmisi DCT itu sangat mirip dengan transmisi super cepat Direct Shift Gearbox (DSG) kepunyaan mobil VW Golf GTI, dan Audi A3. Kelemahan transmisi manual yaitu hilang-nya waktu saat melakukan perpindahan gigi tidak lagi ditemukan pada transmisi ini. Begitu pula dengan slip yang umum terjadi di transmisi otomatis.

Hal ini bisa tercapai, lantaran DSG maupun DCT menggunakan 2 kopling yang terendam oli. Tak ayal, motor yang dilengkapi transmisi DCT ini akan sangat ter­bantu dalam mempersingkat waktu akselerasi. Adanya teknologi DSG ini pun men­jadi langkah kompromi untuk memperke­cil kelemahan, baik transmisi manual maupun matik.

Sebelumnya motor hanya mengenal tiga tipe transmisi, manual full clutch dengan kopling tangan, automatic rotary sequential yang bisa pindah gigi secara manual tetapi tanpa kopling, dan yang terakhir adalah continous variable transmission alias CVT mengandalkan pulley variabel yang dapat menyesuaikan kecepatan sepeda motor. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular