Teknologi DCT Honda, Transmisi Manual Tapi Otomatis

Motorplus - Rabu, 6 April 2016 | 12:39 WIB

Nah teknologi terbaru Honda ini, mampu membuat motor senyaman pakai CVT namun dengan respon sigap ala transmisi manual. Jadi singkatnya transmisi bernama DCT yang merupakan kepanjangan dari Dual Clutch Transmission ini adalah teknologi Honda dengan transmisi manual tapi otomatis. Lha maksute piye cak?

 

Jadi begini, transmisi DCT di Honda itu merupakan transmisi manual tapi otomatis, kopling dikontrol secara otomatis dengan bantuan komputer. Sebenarnya teknologi transmisi DCT itu sangat mirip dengan transmisi super cepat Direct Shift Gearbox (DSG) kepunyaan mobil VW Golf GTI, dan Audi A3. Kelemahan transmisi manual yaitu hilang-nya waktu saat melakukan perpindahan gigi tidak lagi ditemukan pada transmisi ini. Begitu pula dengan slip yang umum terjadi di transmisi otomatis.

Hal ini bisa tercapai, lantaran DSG maupun DCT menggunakan 2 kopling yang terendam oli. Tak ayal, motor yang dilengkapi transmisi DCT ini akan sangat ter­bantu dalam mempersingkat waktu akselerasi. Adanya teknologi DSG ini pun men­jadi langkah kompromi untuk memperke­cil kelemahan, baik transmisi manual maupun matik.

Sebelumnya motor hanya mengenal tiga tipe transmisi, manual full clutch dengan kopling tangan, automatic rotary sequential yang bisa pindah gigi secara manual tetapi tanpa kopling, dan yang terakhir adalah continous variable transmission alias CVT mengandalkan pulley variabel yang dapat menyesuaikan kecepatan sepeda motor. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.