Yamaha MX King 150 Sikat Podium Perdana MotorPrix Region 5

Motorplus - Kamis, 21 April 2016 | 21:00 WIB

Dengan Yamaha MX King, Anggi Setiawan dari tim Yamaha Yamalube BAF Akai Jaya Sidrap MBKW2 KYT langsung bikin gebrakan di seri I Kejurnas Motorprix Region 5 di Sirkuit RMS Puncak Mario, Sidrap, Sulawesi Selatan, awal bulan lalu (1/4). Padahal tahun ini Anggi baru naik seeded.

Persiapan Yamaha MX King 150 yang berjaya di MotorPrix Region 5 seri I ini bisa dibilang mepet. “Bloknya saja baru saya bawa dari Jogja ke Sidrap tepat beberapa hari jelang balapan. Ya, kalau dibilang mah kerjain motor ini baru seminggu, plus seting di trek aja,” terang Yogi Ismanto dari MBKW2 Yogyakarta yang dipercaya sebagai mekanik tim.

Apa saja spek dari Yamaha MX King 150 kampiun seeded seri di MotorPrix region 5 ini?

SILINDER & KOMPRESI. Piston bawaan pabriknya digusur pakai merek FJN berdiameter sama seperti standarnya (57 mm). Namun memiliki dome lumayan tinggi. Sementara bagian head dipapas sebanyak 0,4 mm. Sehingga ketika diukur ketemu kompresi sebesar 12,8:1 buat nenggak BBM standar Motorprix, yakni Pertamax Plus.

KLEP & KEM. Di head, selain porting polish saluran masuk dan buang untuk mengail flow gas deras dan pembuangan lancar, klep diganti pakai ukuran 23/20 bikinan BRT. Noken as juga diganti pakai bikinan BRT, yang profilnya dikustom ulang oleh Yogi. Durasinya dibikin jadi 270°, baik in maupun ex.

“Nah, karena noken as itu memang baru jadi saat mau main, rincian buka tutupnya saya lupa mase. Nanti saya kasih tau kalau sudah ketemu,” ucap Yogi yang sebut lift klep diset 8,6 untuk in dan 8,7 untuk ex.

ECU, TB & INJEKTOR. Baik ECU, throttle body (TB) dan injektor full pake merek bikinan Tomy Huang, yaitu BRT-Bintang Racing Team. ECU sebagai otak dari pacuan Anggi Permana pakai tipe Juken 3 yang diset AFR-nya di angka 11,8:1. “Sengaja dibikin basah karena kalau main siang di Sidrap, suhu udara panas bener,” ucap Yogi dengan logat Jogjanya yang kental.

TB pakai ukuran diameter venturi 33 mm sesuai regulasi maksimal motorprix. Sementara injektornya pakai tipe dobel injektor yang masing-masing mampu menyemburkan BBM 200 cc per menitnya.

DATA MODIFIKASI

Ban depan-belakang : IRC Fasti 1 Slick 90/80 – 17

Sokbreker belakang : Traxxion

Knalpot            : Creampie

ECU                : BRT Juken 3 (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.