Rumus Berhitung Preload Per Klep

Motorplus - Selasa, 26 April 2016 | 21:45 WIB

Ayo coba kita belajar berhitung kaitannya angkatan klep dan per klep. Rumus ini digunakan agar tidak salah memilih pegas klep alias preload klep. Dijelaskan rumus lift yang bisa ditahan pegas dengan rumus :

Lift = L – L2

L = Panjang pegas bebas tanpa tekanan. Misal 29 mm

L2 = Panjang pegas setelah ditekan habis. Misal 13,8 mm

Maka, per klep ini bisa dipasangi dengan kem lift = 29 – 13,8 = 15,2 mm. Di sana dijelaskan, namun setelah per dipasang dengan klep di kepala silinder, biasanya ada beban atau preload. Sehingga, pegas ini lift-nya akan berkurang lagi.

Pada edisi lalu ditulis kalau preload dianggap 4 mm. Namun, tidak dijelaskan asal 4 mm ini dari mana. Sebagai contoh, Chandra Sopandi dari bengkel bubut Master Tjendana, Bandung, kasih panduan dengan formula preload.

PL = L – (A-B-C-D)

L = Panjang bebas pegas klep

A = Panjang batang klep terhadap dasar

B = Tinggi batang klep dari retainer

C = Tebal retainer

D = Tebal ring dudukan per klep

Untuk mencari nilai A, bisa dilakukan dengan pengukuran. Klep dipasang di head silinder dan ukur batang klep yang nongol di dalam kepala silinder. Tentu, ring pengganjal atau ring dudukan klep dilepas dulu. Misalkan dari pengukuran tersebut didapat angka 29,1 mm.

Lanjut mencari nilai B. Untuk mengukurnya klep dan pegas harus dalam kondisi terpasang. Misalkan dari pengukuran didapat angka 0,4 mm. Untuk mencari nilai C tinggal ukur tebal retainer. Retainer itu adalah ring pengunci pegas klep yang disisipi kuku klep. Misalkan tebalnya 1,9 mm.

Tinggal 1 lagi mencari nilai D. Mencari tebal ring posisinya terletak di dasar head menyentuh dengan bos klep. Pada pengukuran misalkan didapat angka 1,8 mm. perlu diketahui juga, terkadang ada mesin yang tidak dilengkapi dengan ring dudukan per. Kalau seperti itu nilai D dibuat 0 atau nol.

Setelah data lengkap dari hasil pengukuran tinggal masukan ke dalam formula saja untuk mengetahui hasilnya.

PL = L-(A-B-C-D)

PL = 29-(29,1-0,4-1,9-1,8)

PL = 29-25

PL = 4 mm

Maka lift bersih yang nisa ditanggung per = 15,2 – 4 = 11,2 mm. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.