Ubahan Regulasi MotoGP Pasca Seri Jerez

Motorplus - Selasa, 26 April 2016 | 21:09 WIB


Usai seri Jerez akhir pekan kemarin panel MotoGP membuat regulasi baru yang akan diterapkan di pertengahan musim ini. Perubahan peraturan tersebut meliputi Jump Start, Quick Restart, Sensor Ban di kelas MotoGP dan Homoglasi Sasis Kelas Moto3.

Peraturan Jump Start diubah usai kejadian kontroversial di seri pembuka kelas Moto2 di Qatar dimana tidak semua rider yang melakukan jump start langsung diperintahkan melakukan ride through. Di peraturan baru disebutkan bahwa hukuman jump start akan diumumkan maksimal 4 lap balapan berlangsung. Dan jika pengawas lomba tidak dapat memberikan hukuman ride through atau rider yang terkena pinalti tidak mengetahui jika dirinya melakukan jump start maka akan diberikan pinalti waktu di akhir balapan.

Untuk quick restart maka jika balapan terpaksa diulang setelah tiga lap berjalan maka total lap yang akan ditempuh oleh para rider di sisa balapan adalah minus satu lap dari total lap yang seharusnya. Contoh jika lap total sebelumnya adalah 25 lap maka jika balapan harus diulang setelah tiga lap berjalan maka total lap yang usai restart adalah 24 lap. 

Sensor tekanan ban dikelas MotoGP menjadi wajib digunakan per seri Mugello 22 Mei mendatang. Keputusan ini diambil setelah banyaknya insiden tekanan ban yang kurang di kelas MotoGP. 

Sementara untuk homoglasi sasi kelas Moto3 jika pembuat sasis mengenalkan update part dari sasis, maka mereka harus menyediakan part tersebut untuk semua tim yang menggunakan panrikan tersebut dengan segera. (www.motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.