Resep Modifikasi Yamaha Mio Supaya Langganan Juara Kontes

Motorplus - Jumat, 29 April 2016 | 06:01 WIB

Yamaha Mio ini langganan juara kontes modifikasi kelas racing look. “Resepnya, pakai airbrush yang simpel namun nendang. Dikombinasi tampilan ala motor balap,” tukas Adi Guna Ramadhan, sang pemilik motor from  Bekasi, Jawa Barat.

Modifikasi Yamaha Mio supaya langganan juara kontes digarap Saifulloh Randini, sodaranya Bhejo, panggilan akrab Adi. Saifulloh ini punggawanya Iponk Modified di Jl. Gang Bina Asih 2, RT 5/9, Bantenan, Jatiasih, Bekasi Selatan. Mau tau ubahan Yamaha Mio supaya langganan juara kontes? Yuk, kita pantengin terus.

BODYWORK FULL HANDMADE

Berkonsep modifikasi racing look, Bhejo ogah tampil tanggung. “Konsepnya sekalian dibikin bergaya motor balap karapan khas negeri Gajah Putih, Thailand,” tukasnya. Otomatis bodi khas bawaan Yamaha Mio yang minimalis nan membulat dilucuti semua. Sebagai gantinya dibuatkan bodi baru. "Kedok depan (batok lampu, red) yang menyatu itu merupakan gabungan dari 3 motor, yaitu Yamaha Nouvo, Honda BeAT, dan Yamaha Jupiter MX,” tukas Iponk sapaan akrab Saifulloh. Keren kan?

RANGKA DIPOTONG.

Totalitas racing look pada Yamaha Mio yang langganan juara kontes juga terlihat pada bagian frame. Seluruh rangka backbone (tulangan tengah, red) ke belakang dibuang. “Gantinya bikin dari besi hollow. Agar terlihat lebih slim and sleek aja,” tambah modifikator kelahiran 29 tahun yang lalu ini.

UPGRADE MESIN. Menurut Bejho, percuma jika tampilan racing abis, tapi sektor mesin masih standar dar… Makanya turut di-upgrade. “Silindernya dibore up pakai piston aftermarket berdiameter 58,5 mm. Noken as tetap standar, namun menonjok klep dengan lebar in 33 mm, dan ex 27 mm,” tambah Iponk.  

KNALPOT KIDAL. Beberapa edisi lalu, EM-Plus pernah secara khusus membahas tentang aplikasi knalpot yang diposisikan sebalah kiri alias kidal. Keuntungannya pipa setelah header sedikit lebih panjang. Sehingga dapat menambah tendangan balik (torsi) di rpm bawah. Namun untuk motor kontes ini hanya ke arah tampilan. “Biar beda dari yang lain, hehe..,” ucap Bhejo sambil nenggak es kelapa muda.

SWING ARM BIKIN TAMPAN. Terinspirasi Yamaha Nouvo Z yang tampil gagah pakai swing arm belakang. “Cuman kalau dipaksakan pakai lengan ayun itu, jadi kepanjangan. Jadi, lebih baik bikin sendiri pakai pipa padat. Selain lebih hemat, juga bisa dibuat dudukan sokbreker belakang double,” tutup Iponk.

DATA MODIFIKASI

Karburator    : Sunword 34 inchi

Knalpot       : WRC Depok Custom Kiri

Stabiliser    : Scarlet

Master Rem Dpn : Brembo RCS

Iponk Modified : 0857-7924-6566 (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.