Tips 7 Poin Supaya Motor Enggak Mogok

Motorplus - Jumat, 29 April 2016 | 11:05 WIB

Dongkol banget pas mau copdar alias copy darat bareng brother komunitas, eh motor andalan mogok di tengah jalan. Supaya enggak kejadian, ada tips 7 poin yang dilakukan supaya motor enggak mogok di tengah jalan.

1. Bensin

Tips pertama waktu menghadapi motor mogok cek bensin di tangki. Bisa jadi bensin di tangki sudah habis. Tapi, bisa juga jarum penunjuk bensin atau panel digital bahan bakar enggak bekerja dengan benar alias ada kerusakan di bagian ini.

2. Temperatur Mesin

Memanaskan mesin sebelum motor digas penting banget nih. Tujuan memanaskan mesin supaya mesin mendapatkan suhu kerja yang optimal. Kalau mesin sering dioperasikan pada suhu dingin maka mengakibatkan keausan silinder jadi lebih cepat. Komponen di mesin yang sudah aus akan mudah mogok, minimal ada beberapa kasus mesin sulit dihidupkan. Mesin yang aus, maka kompresi mesin pun menurun dan pembakaran kurang maksimal.

3. Service

Mesin mogok pun tergantung dari seberapa rutin motor diservice dan diganti oli. Service bertujuan untuk tune-up yang mengembalikan settingan mesin kembali seperti semula. Motor yang dioperasikan setiap hari, akan mengubah spesifikasi sejumlah komponen mesin jauh dari standar. Jikan dicuekin enggak pernah servis rutin wajar motor mudah mogok.

4. Busi

Salah satu penyebab motor mogok salah satunya busi yang kotor. Ciri busi yang bikin mesin mogok kepala busi sudah hitam banget. Bisa juga ada sumbatan pada busi sehingga busi enggak bisa mengeluarkan percikan saat posisi piston di Titik Mati Atas (TMA)

 

5. Karburator Banjir

Mesin banjir karena ruang bakar terlalu basah dengan bahanbakar. Bisa juga sering memainkan pedal starter ataupun tuas gas ketika mesin dalam kondisi mati dapat mengakibatkan mesin banjir. Sewaktu mesin banjir karena bahan bakar, maka biasanya busi pun akan ikut banjir dan lembab yang enggak bisa menghasilkan percikan api busi.

6. Kebocoran Selang

Motor yang mogok bisa disebabkan karena kebocoran selang bensin. Pada motor dengan jenis mesin karburator, selang bocor mungkin mesin masih bisa hidup namun hanya bisa berjalan beberapa meter karena di karbu ada mangkung yang bisa menampung sedikit bensin.

Tapi, selang suplai bensin bocor di motor injeksi mesin berhenti total. Kalau sudah bawa motor ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Apabila memang selang sobek ataupun bocor, maka segeralah diganti.

7. Aki Soak

Aki soak disebabkan bisa karena air aki habis, dinamo amper tidak berfungsi denganbaik, karena memang umur pakai aki yang sudah terlalu lama, dan lainnya. Jika permasalahannya karena aki, sebaiknya gantilah aki dengan yang baru. Harga aki motor sendiri sekitar Rp 300 rib sampai Rpn 2 juta. (www.motorplus-online.com)

 

 

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.