Bahaya Pakai Solar Atau Bensin Untuk Membersihkan Mesin

Motorplus - Kamis, 12 Mei 2016 | 06:02 WIB

Bagi sebagian orang, membersihkan komponen masih menggunakan solar atau bensin. Perilaku ini karena beranggapan di dalam kandungan solar atau bensin terdapat deterjen yang mampu merontokan kotoran di dalam engine. Ternyata, perilaku itu membersihkan komponen di mesin malah dilarang pabrikan.

“Prosesi ini, malah bikin karet yang terdapat di dalam mesin getas dan berpotensi sobek. Itu artinya bisa bahaya ke mesin,” tukas M. Abidin, GM Aftersales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM). Nah loh.. jangan lagi dilakuin ya bro! Niatnya pingin bersih, malah ngerusak. Jangan pakai solar, bahaya!

Dari pada pakai bensin atau solar untuk membersihkan komponen yang sudah dilepas dari mesin mending pakai engine flush! Pilihan engine flush juga sudah mulai banyak di pasaran. Tinggal comot mana yang terbaik!

“Tapi, jangan beli yang murahan. Sebab, umumnya kandungan dari oil flushing murah bisa merusak oli baru yang akan digantikan. Mending pakai yang mahal sekalian, namun ampuh dan aman,” wanti Abidin yang lagi doyan ‘main’ Yamaha NMAX. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular