Cara Akali Kampas Kopling Ganda Habis

Motorplus - Senin, 13 Juni 2016 | 03:52 WIB

Salah satu faktor yang menyebabkan tarikan bawah motor matic berat adalah kampas kopling ganda yang mulai haus. Kalau mau ganti, harga kopling ganda cukup menguras isi kantong. Satu set umumnya dibanderol dengan harga hampir menyentuh Rp 300 ribu. Tapi tenang, buat yang lagi bokek ada tips akali kampas kopling ganda habis.

“Masih bisa diganjal karet. Lumayan sih efeknya, tarikan awal jadi enteng lagi. Tapi hanya sementara loh, baiknya sih diganti yang baru,” ucap Ahmad Zunaedi dari bengkel British Auto Tech yang berlokasi di Depok, Jawa Barat.

Buat akali kampas kopling ganda habis, langkah awal pastinya membongkar bagian CVT. Lanjut dengan memisahkan kampas kopling ganda dari mangkuknya. Copot juga tiga pegas yang mengikat dan menyatukan kampas kopling ganda. Jika pegasnya sudah terbuka, bisa tarik kampas kopling ganda ke arah luar. Terlihat deh tiga karet bundar yang mengganjal kampas kopling ganda.

Jika sudah terbongkar, siapkan karet untuk akali kampas kopling ganda habis. Karet yang akan digunakan untuk mengganjal bisa karet bekas ban dalam, karet slang bensin, atau bisa juga karet slang varisi yang dijual warna warni. Potong karet seukuran 1/3 lingkaran lingkaran karet yang sudah nempel di kampas kopling ganda. Siapkan tiga buah lalu pasang di bagian tepi yang akan masuk dikampas kopling ganda. Lanjut dengan memasang kampas kopling ganda seperti sediakala.

“Jadi tugas karet baru untuk mengganjal kampas kopling ganda agar mengangkat lebih tinggi. Jadi bisa lebih nge-grip ke mangkok kopling,” kata mekanik yang akrab disapa Juna. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.