Harga Motor Baru Bisa Naik Karena Biaya SUT Jadi Rp 50 Juta

Motorplus - Kamis, 16 Juni 2016 | 05:37 WIB

Waduh, siap-siap nih harga motor baru naik karena kenaikan 741 kali biaya Sertifikat Uji Tipe (SUT). Awalnya biaya SUT yang ditetapkan Rp 70 ribu untuk motor baru yang mau diproduksi massal. Tapi, biaya SUT naik selangit jadi Rp 50 juta.

SUT tuh bro sertifikat motor baru yang mau diproduksi banyak oleh pabrikan. SUT semacam pengesahan dari Kementerian Perindustian yang sudah lolos uji tipe. Contoh nih, misal Honda CBR250RR yang masih prototipe dan siap dibikin banyak harus mendapatkan SUT.   

Aturan sebelumnya yakni PP No. 11 tahun 2015, untuk pelaksanaan Sertifikat Uji Tipe (SUT) SUT dikenakan biaya RP 70 ribu. Namun dalam aturan baru yakni PP No. 15/2016 biaya SUT dipatok RP 50 juta.

Itu artinya, biaya SUT naik hingga 741 kali. Luar biasa, SUT merupakan mekanisme untuk menguji kelayakan sebuah tipe baru baik yang diproduksi lokal maupun impor. SUT dilakukan selama ini oleh pihak Kementerian Perhubungan.

“Pabrikan aja berat, bos. Bisa pada tutup itu importir. Baru masukin motor baru udah kena pungutan. Pertanyaannya, berapa sih jualan importir ratusan unit sebulan aja udah ‘wangi’. Pabrikan aja banyak yang jualannya jeblok,” sebut seorang narasumber dari pabrikan motor. (www.motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular