Handel Rem MotoGP Didesain Aerodinamis

Motorplus - Jumat, 17 Juni 2016 | 04:15 WIB

Sebagai motor prototipe yang dibuat hanya untuk balap, beragam part yang digunakan di motor MotoGP memang begitu spesial. Bukan hanya part-part yang berukuran besar, tapi sampai handel rem MotoGP didesain aerodinamis. Ini bukan asal sebut loh, tapi pihak Brembo sendiri selaku penyedia komponen pengereman, termasuk handel rem, mayoritas tim di MotoGP yang menyatakan hal tersebut.

Dalam infografik yang ditampilkan Brembo di website resminya, ada bagian handel rem MotoGP yang didesain aerodinamis. Untuk posisi tepatnya, ada pada bagian tuas. Di situ Brembo sengaja membuat lubang di bagian tengah untuk mengurangi hambatan udara ketika motor melaju cepat. Sayang, tidak dijelaskan seberapa besar pengaruh dari lubang aerodinamis ini.

Selain tuas rem yang didesain aerodinamis, ada juga fitur khusus di master rem Brembo untuk MotoGP. Paling penting adalah quick coupling for bleeding. Ini adalah nepel untuk membuang angin palsu yang ada di bagian master rem. Di master rem motor masal sangat jarang ditemui fitur ini. Dengan adanya fitur tersebut kerja rem akan semakin maksimal karena minimnya angin palsu di dalam sistem hidrolis. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.