Cegah Air Radiator Bocor Ke Ruang Bakar (Bagian 1)

Motorplus - Minggu, 10 Juli 2016 | 18:59 WIB

Langkah bore up di mesin yang menganut sistem pendingin air, mesti sedikit waspada. Sebab, dengan diperbesarnya diameter piston, maka semakin tipis pula jarak piston dengan jalur air alias water jacket. Perlu trik cegah air radiator bocor ke ruang bakar.

Hal lain yang perlu diketahui lagi, adalah di setiap paking atau gasket selalu pada bibir paking terdapat alur got melingkar. Tujuan dibuat pabrikan seperti itu, yakni untuk mencegah kebocoran air ataupun kompresi antara ruang silinder dengan water jacket.

Nah, seringkali mekanik mengambil jalur mudah dengan cara mempebesar paking asli ketika bore up. “Ketika diameter dalam paking diperbesar, secara otomatis alur got di sekeliling paking akan ikut tergerus mata tunner alias hilang. Akibatnya, akan berpotensi air radiator dalam water jacket jadi bocor ke ruang bakar,” ungkap Atang Suhara, mekanik Pro Tuner di Jl. Sidakarya no.51A, Denpasar, Bali. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.