Cara Modifikasi Honda Scoopy Bisa Turun Di 500 Meteran, Drag Bike, Dan Kontes Modifikasi (2-Selesai)

Motorplus - Kamis, 14 Juli 2016 | 18:57 WIB

Klep Honda Scoopy yang dipakai untuk drag bike dan balap 500 meteran ini menggunakan ukuran 28/24 mm (in/ex). Lalu Wandi meracik ulang noken as jadi berdurasi 265 derajat. Kem isap dan buang irama membukanya dibuat sama. Yakni in buka di 25° sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 60° setelah TMB (Titik Mati Bawah).

"Sedang klep buangnya buka di 60° sebelum TMB dan menutup 25° setelah TMA. LSA 109° dan lift-nya 9,8 mm in maupun ex," jelas pria berperawakan tinggi dan berkulit putih ini.

Piston Honda Scoopy drag bike ini menggunakan piston berdiameter 58,5 mm. Stroke-nya dinaikkan dari 55 mm (standar), jadi 59 mm alias nambah langkah 4 mm. Itu dengan mengaplikasi pen stroker ber-offset 2 mm. Setang pistonnya masih pakai bawaan motor. Jadi, kalau dihitung pakai rumus, total volume silinder Scoopy ini jadi 158,5 cc. Rasio kompresisnya diset 12,8 : 1 untuk melahap bensol.

Untuk trek 201 meter, bobot roller diganti sangat enteng, yakni pakai 5 gram rata. Lalu per CVT pakai ukuran 1.500 rpm. ”Kalau mau main di trek gope (500) meter, paling hanya ganti roller dengan ukuran antara 8 - 9 gram. Tergantung setingan ketemunya di lapangan,” jelas Wandi.

Sementara urusan komponen pengabut bahan bakar, Wandi mempercayakannya pada Keihin PE 28, yang dijejali pilot jet ukuran 38 dan main jet 110. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.