Menaikkan Kompresi Primer 2-Tak

Motorplus - Kamis, 11 Agustus 2016 | 11:31 WIB

Suplai gas bakar di mesin 2-tak harus melewati ruang karter. Makanya supaya gas bakar lebih cepat sampai silinder, bisa diakali dari ruang karter ini. Ruang karter harus dibikin padat, agar gas bakar mudah terpompa menuju silinder.

Cara agar ruang karter lebih padat, bisa diakali dari bandul kruk as. Coakan di bandul kruk as harus ditutup, supaya volume ruang karter menyempit. Akibat ruang karter yang sempit itu lah membuat gas bakar lebih cepat terdorong keluar menuju silinder.

Zaman dulu banyak mekanik yang menutup coakan bandul kruk as dengan timah. Atau ada juga yang menutup coakan bandul kruk as dengan aluminium. Namun risiko menggunakan bahan logam, membuat bobot kruk as jadi berat. Bukan saja mengurangi balancer mesin, tapi juga membuat putaran mesin jadi berat.

Nah, akhirnya banyak mekanik yang memasang teflon untuk menutup coakan di bandul kruk as. Kalau dulu mungkin masih repot harus mencari bahan teflon dan harus membentuk sendiri sesuai bentuk coakan kruk as. Namun kini sudah banyak dijual bebas yang tinggal pasang.

Teflon untuk menutup coakan bandul kruk as, kini dijual untuk beberapa mesin 2-tak. Seperti untuk Kawasaki Ninja 150 atau Yamaha F1Z-R sudah tersedia. Harganya pun terjangkau dan mudah dalam pemasangan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.